Wi-Fi Super Cepat Untuk Mac Generasi Selanjutnya?

Super WiFi

Tahun 2012 kemarin keluarga Mac mendapat update yang cukup menarik mulai dari MacBook Pro dengan retina display, iMac yang sangat seksi, hingga Mac Mini. Meskipun dari tampilan luar tidak terlalu berbeda, karena Apple menganut desain ‘abadi’, tetapi dari dalam penambahan fitur-fitur pada software dan hardware sangat terasa. Kali ini dikabarkan Apple akan menggunakan Wi-Fi super cepat untuk Mac generasi selanjutnya.

Seperti diberitakan oleh TheNextWeb, Apple tengah bekerjasama dengan Broadcom untuk menggunakan chip Wi-Fi 802.11ac pada Mac generasi selanjutnya. Artinya dengan menggunakan chip ini, nantinya Mac generasi selanjutnya menjalankan jaringan 5G Wi-Fi, setara dengan 1,35Gbps.

Sumber yang memberitahukan TheNextWeb mengatakan bahwa sampai saat ini teknologi chip Wi-Fi tersebut belum ada dan masih dalam tahap pengembangan. Dan apabila pengembangan dan pengerjaannya selesai tepat waktu, maka Mac generasi selanjutnya dapat dipastikan akan menggunakan chip Wi-Fi ini. Tetapi tidak ada penjelasan apakah produk-produk Apple lainnya seperti iPhone, iPad, Apple TV, dan lain sebagainya akan menggunakan teknologi Wi-Fi serupa atau tidak.

Sebagai perbandingan, saat ini Apple menggunakan chip Wi-Fi 802.11n untuk Mac. Chip Wi-Fi ini mampu menjalankan kecepatan 450 Mbps dengan menggunakan tiga antena. Sedangkan apabila Apple menggunakan chip Wi-Fi 802.11ac, chip ini juga  memiliki tiga antena, namun bedanya masing-masing antena mampu menjalankan kecepatan 450 Mbps.

Saya sungguh penasaran ingin mencoba koneksi Wi-Fi secepat itu, seperti apa ya rasanya? Bagaimane menurut Anda?

 

Sumber gambar: dvice

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.