Samsung Akan Menjual Smartphone Dengan Sistem Operasi Tizen Tahun Ini

Tizen

iOS, Android, Windows Phone 8 adalah tiga sistem operasi mobile yang sudah ada saat ini. Beberapa waktu mendatang akan segera hadir BlackBerry 10, disusul dengan Ubuntu, dan mungkin webOS. Lalu tahukah Anda mengenai sistem operasi bernama “Tizen”? Sebenarnya sistem operasi mobile yang satu ini sudah ada disiapkan sejak tahun lalu dan rencananya Samsung tahun ini akan menjual smartphone dengan sistem operasi tersebut.

Ya, 2013 akan menjadi tahun dimana persaingan antar sistem operasi mobile benar-benar dimulai, karena selama ini orang-orang sudah jenuh dengan peperangan iOS dan Android. Seperti diberitakan oleh BusinessWeek, juru bicara Samsung, Suwon, mengatakan melalui email:

We plan to release new, competitive Tizen devices within this year and will keep expanding the lineup depending on market conditions.

Kami berencana untuk merilis baru, perangkat kompetitif Tizen dalam tahun ini dan akan terus memperluas lineup tergantung pada kondisi pasar.

Samsung tidak menjelaskan secara lebih mendalam mengenai spesifikasi, desain hardware, dan harga mengenai gadget yang berbasiskan sistem operasi Tizen. Samsung saat ini merajai dunia smartphone menurut comScore dan salah satu perusahaan dengan penjualan terbanyak, namun masih posisi kedua untuk pasar tablet.

Kesuksesan Samsung sampai saat ini sangat bergantung pada sistem operasi Android, dan bukan tidak mungkin Google mengakuisisi Motorola bisa jadi menyebabkan Samsung (dan mungkin vendor-vendor pengguna Android lainnya) mulai mencari ‘pegangan’ baru untuk sistem operasi bagi produk-produk mereka. Apalagi jika rumor mengenai XPhone yang tengah dikembangkan oleh Google dan Motorola benar adanya.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang didukung oleh Intel dan Linux Foundation. Bagi Anda yang penasaran mengenai sistem operasi Tizen, Anda bisa melihat keynote mengenai Tizen OS pada video berikut ini. Jika Anda ingin langsung melihat demonstrasi sistem operasi ini, Anda bisa langsung loncat ke menit 16 pada video di bawah ini.

Bagaimana menurut Anda? Kira-kira kapan Samsung siap menjual smartphone dengan sistem operasi Tizen ini?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.