Layanan Google Akan Lebih Cepat Berkat Server-Server Baru di Asia

Google Data Center

Pengguna internet di Asia, termasuk Indonesia, akan dapat menikmati layanan Google dengan lebih cepat berkat server-server baru milik Google yang sudah terpasang di beberapa tempat di Asia, dan dijadwalkan akan mulai beroperasi dalam waktu dekat.

Menurut laporan dari India Times, Server-server baru milik Google tersebut berada di Singapura, Taiwan, dan Hongkong. Data center di Singapura akan selesai pada awal 2013, dan data center di Taiwan akan mulai beroperasi pada semester kedua tahun ini. Sementara itu Google belum mengonfirmasi mengenai kapan data center Hong Kong akan mulai beroperasi.

Berkat server-server baru tersebut, layanan Google seperti YouTube, Gmail, Google+ di berbagai belahan Asia, termasuk Indonesia, akan terasa lebih cepat dan lebih responsif. Apalagi dengan adanya data center di Singapura yang notabene sangat dekat dengan negara kita. Dapat dipastikan streaming YouTube pun akan lebih lancar!

 

Gambar: Google Data Center, via Google.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.