Botol Ini Menangkap Suara dari Kebisingan Sehari-hari dan Mengubahnya Menjadi Lagu

Re Sound Bottle

Pernahkah Anda memikirkan lagu yang tepat menggambarkan hari-hari Anda? Misalnya ketika Anda sedang dilanda kemacetan di jalan, mungkin lagu-lagu tersebut berisi suara klakson, knalpot, dan lain sebagainya. Kini kebisingan-kebisingan atau suara-suara yang sehari-hari kita dengar tidak lagi akan membosankan jika kita menggunakan Re: Sound Bottle. Apa itu Re: Sound Bottle?

Seperti diberitakan oleh psfk, adalah seorang pelajar asal Tokyo, Jun Fujiwara, yang menciptakan Re: Sound Bottle. Re: Sound Bottle adalah sebuah alat yang digunakan untuk menangkap suara atau kebisingan dan mengubahnya (remix) menjadi sebuah lagu. Caranya sederhana, Anda cukup membuka botol maka suara akan direkam oleh botol. Proses perekaman diaktifkan dan dinonaktifkan ketika gabus dari botol dilepas dan ditutup kembali. Pada saat perekaman botol akan menangkap suara dengan menandakan melalui lampu yang ada di badan botol tersebut.

Saat tutup gabus kembali dipasang, suara akan tersimpan. Saat botol tersebut sudah menangkap suara yang cukup, Anda buka tutup botol maka secara langsung akan menjadi sebuah lagu yang sudah di-remix. Kocok botol atau buka lalu tutup kembali gabusnya akan membuat lagi ter-pause dan lagu berubah, seolah-olah pengguna mengganti lagu pada pemutar MP3.

Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini.

Jun Fujiwara adalah salah satu kontestan Mistubishi Chemical Junior Designer Award 2012, yang berasal dari Tama Art University. Mungkin jika konsep botol ini dijadikan sebuah aplikasi akan lebih mudah bagi orang-orang untuk menggunakannya, daripada harus membawa-bawa botol itu bepergian setiap saat.

Kira-kira menurut Anda, suara apa yang harus direkam dan di-remix oleh Botol ajaib ini ya?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.