Perkenalkan, Smartphone Dengan Sistem Operasi Ubuntu dari Linux

Ubuntu Smartphone #3

Selama ini mungkin Anda cukup mengenal sistem operasi Linux yang berada di PC, namun kini sistem operasi tersebut akan menjajah dunia mobile, khususnya smartphone seperti yang sebelumnya telah banyak dirumorkan. Sistem operasi ini akan memiliki nama yang sama dengan yang sudah ada di PC, yaitu Ubuntu. Ubuntu sendiri adalah sistem operasi berbasis Linux yang merupakan sistem operasi open source dan gratis, dirilis sejak 20 Oktober 2004.

Diberitakan oleh The Next WebCanonical perusahaan dibalik pengembang sistem operasi Ubuntu yang bermarkas di London ini, sudah menyiapkan sebuah sistem operasi Ubuntu untuk smartphone. Sistem operasi tersebut di demonstrasikan secara langsung oleh Founder Canonical, Mark Shuttleworth, dan rasanya sistem operasi ini cukup menarik, meskipun sejauh ini belum ada vendor yang bersedia melakukan kerjasama untuk menggunakan sistem operasi ini.

Ubuntu Smartphone #1

Sistem operasi ini akan mendukung web berbasis HTML5 dan juga aplikasi bawaan (native apps). Sebagai permulaan, aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia di Ubuntu antara lain adalah Facebook, Twitter, Google Maps, Gmail, dan Spotify. Bagi para developer yang tertarik untuk membuat aplikasi di sistem operasi ini, tentu saja tersedia SDK (software development kit).

Karena sifatnya sama-sama open source dan salah satu basisnya adalah HTML5, Mark Shuttleworth mengatakan:

The average Android developer is already doing his work on Ubuntu machines.

Rata-rata para developer Android sudah memulai untuk melakukan pekerjaannya pada Ubuntu.

CEO UBuntu, Jane Silber, menambahkan:

We expect Ubuntu to be popular in the enterprise market, enabling customers to provision a single secure device for all PC.

Kami berharap Ubuntu menjadi populer di pasar enterprise, memungkinkan pelanggan untuk penyediaan perangkat aman tunggal untuk semua PC.

Ubuntu Smartphone #2

Salah satu keunikan sistem operasi Ubuntu adalah Ubuntu akan memberikan pengalaman komputasi yang lengkap seperti menggunakan sebuah PC pada saat dikoneksikan dengan layar dan mouse, tetapi ketika hanya berfungsi sebagai smartphone tentu sistem operasi ini akan lebih terbatas kemampuannya.

Dan yang paling menarik adalah tampilan dari sistem operasi ini, berbeda dengan tampilan iOS atau Android atau Windows Phone 8 dan mungkin BlackBerry 10 yang akan datang. Segalanya dalam dunia teknologi bisa terjadi, bisa saja Ubuntu yang nantinya ketika sudah selesai dikembangkan ternyata menarik lebih banyak minat para penggunanya dibanding sistem operasi mobile yang sudah ada saat ini.

Kapan sistem operasi Ubuntu untuk smartphone siap digunakan?

Menurut TechnoBuffalosmartphone ini akan siap dijual pada tahun 2013 sedangkan menurut TheVerge, smartphone ini akan siap dijual pada tahun 2014. Yang mana yang benar? Kita hanya bisa menunggu, karena sistem operasi ini tengah dalam pengembangan oleh Canonical dan masih terasa banyak lag jika Anda melihat demo penggunaannya.

Sampai saat ini Anda baru bisa melihat atau mungkin mencoba smartphone demo yang disediakan oleh perusahaan tersebut di London dan Anda bisa men-download gambar-gambar development platform yang akan tersedia untuk Galaxy Nexus (smartphone Android) beberapa minggu ke depan.

Adakah tempat bagi Ubuntu pada industri mobile, khususnya smartphone? Mengingat sudah adanya dua pesaing kuat yaitu iOS dan Android, serta dua sistem operasi yang baru yaitu Windows Phone 8 dan yang akan datang BlackBerry 10. Tetapi komunitas open source bisa menjadi sebuah kekuatan sendiri bagi sistem operasi yang satu ini.

Saya sangat penasaran dan ingin mencobanya. Bagaimana dengan Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.