GameStick: Console Game Paling Portable untuk TV Anda

GameStick

Sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat console game yang terbuka dan affordable baru saja dimulai di Kickstarter. GameStick, nama produk di proyek ini, adalah perangkat console game sebesar flash disk yang menjalankan sistem operasi Android, yang disebut-sebut akan memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang console game yang ada di pasaran saat ini.

Sebelum ini sudah ada console game dengan sistem operasi Android, yaitu Ouya. Berbeda dengan Ouya, GameStick berbentuk sangat kecil, hanya sebesar flash disk, dan digunakan dengan cara mencolokkannya langsung ke port HDMI di televisi Anda, sehingga sangat ringkas karena tidak menggunakan banyak kabel. Selain itu, apabila sedang tidak digunakan, console ini dapat disimpan dengan cara ditempelkan ke controller-nya, yang memiliki ukuran sebesar smartphone.

GameStick + Controller

Walaupun berukuran sangat kecil, spesifikasi GameStick tidak main-main. Prosesor yang digunakan adalah Amlogic 8726-MX, yang berisi Cortex A9 1,5 GHz dual core, dan GPU Mali 400 400MHz. Untuk memorinya, GameStick dilengkapi dengan RAM 1GB DDR3, dan memori penyimpanan 8GB, serta kemampuan memutar video 1080p Full HD. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Jelly Bean.

Console ini berhubungan dengan controller-nya melalui Bluetooth, dan console ini dapat dihubungkan dengan empat controller sekaligus.

Prosesor yang digunakan sebetulnya lebih lemah dibandingkan dengan Tegra 3 yang ada di Ouya. Apalagi Tegra 3 dioptimisasi sedemikian rupa supaya dapat menjalankan game dengan lebih baik. Tetapi tim GameStick akhirnya memutuskan untuk menggunakan prosesor 8726-MX supaya tidak terlalu panas, mengingat bentuk GameStick yang sangat kecil.

Saat ini GameStick sedang dalam tahap pledging di Kickstarter, dan pada saat tulisan ini ditulis telah memperoleh $72 ribu dari target mereka $100 ribu, padahal masih tersisa 29 hari sebelum proses pledging ini berakhir.

Perangkat ini sendiri diperkirakan akan mulai diproduksi pada Maret 2013, dan akan mulai mendarat di rumah para pembeli pada April 2013. Apakah Anda berminat?

Mari kita lihat video perkenalan GameStick berikut ini.

 

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.