Bos Google Akan Kunjungi Korea Utara

eric schmidth google ceo

Bos Google, Eric Schmidt, dilaporkan akan mengunjungi negara Asia, yaitu Korea Utara yang selama ini tertutup dengan negara luar. Untuk apa kunjungan Eric Schmidt ke Korea Utara kali ini?

Dilaporkan oleh The Associated Press, Eric Schmidt akan mengunjungi Korea Utara dalam misi kemanusiaan yang bersifat privat. Misi ini telah dipelopori oleh gubernur Mexico terdahulu, Bill Richardson. Mereka berdua akan pergi ke Korea Utara dalam tahun ini. Belum jelas siapa yang akan ditemui oleh Eric Schmidt atau Richardson di Korea Utara nanti, apalagi Korea Utara tidak mempunyai perwakilan untuk Amerika Serikat.

Ini merupakan perjalanan pertama untuk Eric Schmidt, eksekutif top dari Amerika Serikat yang memimpin Google, perusahaan berbasis internet terbesar di dunia. Apalagi, Korea Utara adalah salah satu negara kunjungan yang sangat ketat akan kebijakan kerja sama yang berasal dari luar negeri.

Perlu diketahui, penduduk Korea Utara dilarang untuk mengakses internet. Walaupun rata-rata penduduk Korea Utara mempunya handphone, tentu handphone tersebut bukanlah handphone terkini buatan Samsung. Meski demikian, presiden baru Korea Utara, Kim Jong Un mengumumkan bahwa mereka sedang dalam masa revolusi industri. Kim Jong Un menginginkan sebuah komputer di setiap sekolah dan mesin yang sudah terdigitalisasi di setiap pabrik.

Hal ini akan sangat menarik, mengingat bagaimana Schmidt bisa meyakinkan untuk membawa internet ke semua orang yang ada di Korea Utara, sebagai salah satu bagian dari komunikasi.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.