10 Pekerjaan Yang Tidak Ada 10 Tahun Lalu (Bagian 2)

Work-from-Home

Perkembangan dunia teknologi informasi sangat membawa perubahan dalam kehidupan manusia sehari-hari, banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena digantikan oleh teknologi informasi. Namun jangan liat dari sisi negatifnya saja, dari sisi positifnya kami mendapati bahwa ada 10 pekerjaan baru yang tidak ada 10 tahun yang lalu, artinya pekerjaan-pekerjaan ini kemungkinan besar muncul akibat perkembangan teknologi informasi.

Apa saja pekerjaan-pekerjaan yang tidak ada 10 tahun yang lalu? Dikutip dari Forbes, inilah lanjutan dari 10 Pekerjaan Yang Tidak Ada 10 Tahun Lalu (Bagian 1):

6. Chief Listening Officer

Listening

Chief Listening Officer bertugas untuk membuka telinga dan mata terhadap apa yang diperbincangkan oleh para customer dalam dunia maya dan dunia nyata untuk tetap membuat perusahaan merespon cepat atas apa yang dikatakan oleh para customer-nya. Hal ini mungkin sudah dipraktekan dengan cukup baik oleh Instagram yang baru-baru ini berencana ‘menjual’ foto-foto Anda, kemudian membatalkannya setelah mendengar protes dari para customer.

Forbes mengatakan, Beth LaPierre menjadi Chief Listening Officer pertama pada tahun 2010 dan ia melakukan monitoring terhadap lebih dari 300.000 mentions dari Kodak di Facebook, Twitter, forum-forum, YouTube, blog, dan media-media lainnya menggunakan software Radian6 dan PeopleBrowsr.

7. Cloud Computing Services

cloud computing featured

10 tahun yang lalu ketika Anda mendengar kata “cloud” yang ada dipikiran Anda adalah “awan”, namun tahun 2012 ketika Anda mendengar kata “cloud” apakah Anda masih memikirkan hal yang sama dengan 10 tahun yang lalu? Kini “cloud” sudah mengalami pergeseran makna, layaknya yang sudah terjadi pada kata “mouse“.

Produk-produk seperti DropBox, Google Drive, SkyDrive, iCloud mungkin sudah cukup familiar dengan Anda, tetapi selain itu masih banyak sekali jasa dan layanan cloud computing lainnya.

8. Elder Care

Sebuah pekerjaan untuk mengasuh para orang yang sudah lanjut usia, salah satu hal yang paling penting adalah kemampuan berkomunikasi dengan para orang lanjut usia. Para elder care juga memiliki pemahaman terhadap sistem kesehatan dan perawatan. Rata-rata gaji elder care di Amerika Serikat adalah 51 ribu dolar per tahun.

9. Sustainability Expert

Para expert yang bertugas untuk membantu para pelaku bisnis untuk mengembangkan alur kerja yang baru untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menurunkan karbon emisi yang dihasilkan. Hal ini lebih kepada membantu perusahaan untuk “Go green” tetapi tidak mengurangi produktivitas dan kualitas pekerjaan dari perusahaan tersebut.

10. User Experience Design

Grandma Using Internet

Apa itu user experience design atau UX? UX adalah cara seseorang merasa tentang menggunakan produk, sistem atau layanan. Untuk lebih jelasnya mengenai user experience design, Anda bisa belajar dari perumpamaan dalam dunia nyata dari Google Analytics.

 

Sumber gambar: bostonabilitycenter

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.