17 Juta Perangkat iOS dan Android Diaktifkan pada Hari Natal

Android Christmas

Hadiah apa yang Anda pada hari Natal kemarin? Kalau jawabannya perangkat iOS atau Android, berarti Anda adalah satu dari 17 juta orang yang mendapatkan gadget iOS dan Android baru pada hari Natal!

Masa liburan akhir tahun memang selalu diisi dengan lonjakan pembelian gadget-gadget dan perangkat elektronik lainnya, kebanyakan untuk diberikan ke teman dan kerabat terdekat. Tidak terkecuali pada musim liburan tahun 2012 ini. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Flurry, 17 juta iPhone, iPad, Galaxy S3, Galaxy Note 2, dan lain-lainnya diaktifkan pada satu hari, yaitu hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember kemarin.

Device

Angka tersebut 330% lebih tinggi daripada hari-hari sebelumnya, yaitu tanggal 1-20 Desember 2012, yaitu “hanya” 4 juta per hari.

Selain itu, tablet kelihatannya semakin digemari. Dari tanggal 1-20 tersebut, hanya 1 dari 5 perangkat yang diaktifkan adalah tablet. Tetapi pada tanggal 25 Desember, ada lebih banyak tablet yang diaktifkan ketimbang smartphone. Tablet-tablet popular antara lain adalah iPad, iPad Mini, dan Kindle Fire.

Selain mendapatkan gadget baru, orang-orang ternyata juga lebih banyak men-download aplikasi pada hari Natal kemarin. Kalau hari biasa orang-orang men-download 155 juta aplikasi per hari, khusus pada hari Natal kemarin angka tersebut melonjak menjadi 328 juta, atau lebih tinggi 112%. Wow!

App

Jadi, apakah Anda juga mendapatkan gadget baru untuk hadiah akhir tahun Anda?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.