NFC Akan Dijadikan Kunci Mobil Oleh Hyundai

Hyundai Genesis

Selama ini teknologi NFC atau near field communication identik dengan pembayaran secara digital melalui smartphone atau bertukar data. Bagaimana bila smartphone Anda yang sudah memiliki teknologi NFC bisa dijadikan kunci mobil Anda? Ya, itu bukan lagi sebuah mimpi, karena Hyundai sudah merealisasikannya.

Dikutip dari GigaOm dan Hyundai, perusahaan yang bergerak dalam industri otomotif asal Korea Selatan tersebut tengah mengembangkan prototype dari Connectivity Concept-nya. Connectivity Concept ini memungkinkan mobil berinteraksi dengan smartphone yang memiliki teknologi NFC.

Teknologi ini sedang dalam tahap pengembangan dan diharapkan akan selesai dan bisa mulai diproduksi pada tahun 2015 mendatang. Dengan teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengunci dan membuka kunci mobil dengan cara melakukan tapping smartphone Anda ke pintu mobil Anda nantinya.

Selain itu, Anda juga akan bisa membuat dan mengakses profil tertentu dengan meletakkan smartphone Anda di tempat yang sudah disediakan di dalam mobil. Profil ini akan membuat mobil secara otomatis mengatur radio, posisi duduk, musik, dan kontak dari smartphone Anda ke layar 7 inci yang ada di dalam mobil. Sehingga hal ini dapat menyelesaikan masalah Anda ketika Anda memasuki mobil dan harus mengatur posisi duduk, kaca spion, dan lain sebagainya.

hyundai nfc #1

hyundai nfc #2

Hyundai juga mengatakan bahwa mereka bekerjasama dengan Broadcom untuk mengembangkan mobil-mobil yang terkoneksi seperti ini. Tren teknologi seperti ini pada mobil akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan, seperti Ford yang sudah mengimplementasikan teknologi self parking pada mobil Ford Focus terbarunya.

Yang perlu menjadi perhatian bagi Hyundai dengan teknologi NFC ini adalah fitur keamanan. Fitur keamanan tentu menjadi hal yang sangat krusial, selain itu juga tentu fitur sharing terutama bagi mobil-mobil keluarga yang digunakan oleh banyak orang sekaligus secara bergantian, apakah itu berarti smartphone tersebut harus ‘digilir’ diberikan kepada pengguna mobil yang artinya smartphone tersebut tidak akan menjadi personal bagi seseorang.

Dan mungkin hal yang cukup sederhana adalah bagaimana jika smartphone yang dijadikan sebagai kunci mobil tertinggal di dalam mobil dan pintu mobil sudah terkunci? Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: The Auto Channel

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.