Unboxing Pertama dari Ouya Developer Console

Ouya

Para pengembang Ouya baru saja mengeposkan sebuah video berisi unboxing pertama dari Ouya developer console. Nantinya console inilah yang akan digunakan oleh para pengembang game untuk dapat mengembangkan game dan aplikasi-aplikasi menarik untuk perangkat Ouya!

Ouya sendiri adalah console game open source yang dapat Anda hubungkan ke TV layar lebar di rumah Anda, sama seperti console game pada umumnya. Yang membuatnya unik adalah, selain open source yang artinya Anda pun bisa mengutak-atiknya sendiri kalau mau, Ouya menjalankan sistem operasi Android! Wah, ternyata Android tidak hanya bisa digunakan di smartphone dan kamera saja, bahkan di console game yang terhubung dengan televisi pun dapat diisi oleh Android.

Ouya awalnya adalah sebuah proyek Kickstarter yang sangat sukses dan berhasil meraih $1 juta dalam waktu kurang dari 9 jam! Selain itu, Ouya juga merupakan proyek Kickstarter dengan nilai sumbangan terbesar, yaitu $ 2,58 juta, atau sekitar Rp 25 miliar!

Ouya developer console ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan Ouya versi konsumen nantinya. Yang membedakannya adalah console game khusus untuk developer ini dibuat dengan material plastik transparan.

Di dalam boks Ouya ini terdapat dua buah controller, kabel HDMI, adaptor, kabel micro USB dan juga ucapan terima kasih bagi para developer atas investasi mereka di Ouya.

Memiliki bentuk yang sangat ringkas dan kecil, Ouya mengandalkan prosesor Tegra 3 dari NVIDIA sebagai dapur pacunya, RAM sebesar 1 GB, dan memiliki memori internal sebesar 8GB. Untuk kemampuan jaringan, Ouya dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth, dan juga colokan HDMI untuk disambungkan ke televisi high definition di rumah Anda. Controller Ouya yang bentuknya cukup unik menggunakan teknologi wireless.

Di akhir video, tim Ouya memperlihatkan bagaimana mudahnya mengeset Ouya supaya dapat terhubung dengan televisi layar lebar. Mereka juga menyalakan Ouya sampai nampak tulisan Ouya di televisi tersebut. Sayangnya di video ini tidak diperlihatkan bagaimana antarmuka Ouya pada saat dinyalakan. Mari kita tunggu video selanjutnya dari tim Ouya!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.