[Intermezzo] LINE Gangnam Style

Line Gangnam Style #2

Sensasi PSY pada tahun ini belum habis, menjelang akhir tahun PSY baru saja menorehkan sejarah baru di YouTube, saat video tersebut ditonton satu miliar kali dalam waktu 5-6 bulan. Jika Anda mengenal karakter stiker-stiker lucu di aplikasi chatting LINE, Anda bisa menyaksikan karakter-karakter lucu tersebut berjoget Gangnam Style!

Meskipun video ini hanya berdurasi kira-kira satu menit, tetapi rasanya para karakter stiker LINE ini sungguh menggemaskan.

Line Gangnam Style #3

Sementara PSY sudah menjadi fenomena dunia sejak beberapa bulan yang lalu, LINE juga tengah menjadi fenomena di Jepang dan Asia. Menghadapi persaingan dengan beberapa aplikasi chatting atau messenger sejenis seperti KakaoTalk dari Korea Selatan, WeChat dari Cina.

Menurut Wikipedia, sampai dengan November 2012 LINE telah memiliki 74 juta pengguna di 230 negara, sedangkan menurut TechInAsia, LINE kini sudah memiliki 89 juta pengguna. Artinya pertambahan pengguna LINE sebesar 15 juta pengguna dalam waktu satu bulan saja.

Bahkan di Taiwan, NHN yang merupakan perusahaan developer LINE, sudah memanfaatkan kereta untuk mengiklankan aplikasi mereka. Dan di dalam kereta tersebut, para penumpang dapat melakukan scan QR code yang tersedia untuk membaca atau menerima notifikasi events dari aplikasi tersebut.

LINE ads Taiwan

Selain aplikasi chatting, LINE (juga KakaoTalk) memiliki aplikasi-aplikasi games pendukung seperti LINE Bubble, LINE Pop, dan juga stiker-stiker lucu yang bisa Anda beli. Sayangnya, LINE kalah cepat dalam berinisiatif untuk ‘berjualan’ stiker di Indonesia dibandingkan dengan KakaoTalk.

Line Gangnam Style #1

Bagaimana menurut Anda? Anda juga bisa membeli stiker PSY di LINE jika Anda tertarik.

Gangnam Style Sticker

 

 

Sumber gambar: TechInAsia, YouTube

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.