Bagaimana Cara Mem-filter Email Masuk di Gmail?

Gmail

Pernah merasa email Anda terlalu sumpek karena dikirimi notifikasi oleh website-website media sosial maupun website lainnya? Atau mungkin Anda ingin mengelompokkan email-email penting ke dalam sebuah kategori? Di Gmail, Anda dapat mem-filter email yang masuk ke inbox Anda dengan beberapa langkah mudah!

Dengan menggunakan fitur filter ini, Anda dapat langsung “melemparkan” email yang masuk ke folder-folder khusus yang Anda buat. Sehingga Inbox Anda pun tidak akan penuh oleh email-email, dan Anda dapat menyortir email yang masuk dengan jauh lebih mudah.

Melalui tutorial ini saya akan mengambil contoh apabila saya ingin mem-filter email dari techrity.com yang memberitahukan apabila ada Pingback (link masuk) ke halaman artikel Techrity. Email tersebut cukup sering masuk dan cukup mengganggu karena membuat smartphone saya bergetar setiap saat.

Nantinya email-email dari techrity.com itu akan saya masukkan ke folder berjudul “Pingback”, dan tidak lagi muncul di Inbox.

Mari kita mulai:

  1. Pastikan Anda sudah login ke akun Gmail yang benar.
  2. Di kanan atas, klik gambar gir (gear), lalu pilih “Settings”.

    Gmail Filter Tutorial 001
  3. Pilih “Filters” di menu yang ada di bagian atas Settings.
    Gmail Filter Tutorial 002
  4. Klik “Create a new filter”.
  5. Setelah itu akan muncul beberapa kolom yang perlu diisi. Isilah sesuai keinginan Anda. Perlu diingat bahwa seluruh kolom ini sifatnya tidak wajib, sehingga Anda tidak perlu mengisi semuanya. Di contoh ini saya akan mem-filter email yang mengandung kata “Techrity Pingback:”, lalu klikĀ “Create filter with this search.”
    Gmail Filter Tutorial 003
  6. Akan muncul beberapa opsi yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Untuk saat ini, saya akan memilih “Skip the Inbox (Archive it)” supaya email yang telah ter-filter tadi tidak akan masuk lagi ke Inbox, lalu saya akan tempelkan Label “Pingback”. Setelah itu klik “Create Filter“. Anda juga dapat memilih “Also apply filter to <xx> matching conversations” apabila Anda ingin mem-filter seluruh email yang telah masuk sebelumnya.
    Gmail Filter Tutorial 004
  7. Selesai! Seluruh email yang telah ter-filter pun akan langsung masuk ke label “Pingback” dan tidak akan muncul di Inbox lagi.

Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mengelompokkan email-email penting supaya tidak terlewat. Misalnya email dari bos Anda dapat Anda filter dan masukkan ke Label “Penting”, dan email dari mitra kerja Anda dapat Anda filter dan masukkan ke label “Pekerjaan”.

Yang perlu diperhatikan adalah, karena email yang masuk tersebut tidak akan muncul di Inbox (apabila Anda memilih “Skip the Inbox” di langkah keenam), maka Anda harus sering-sering mengecek apakah ada email yang masuk ke folder tersebut. Oleh karena itu, pilihlah “Skip the Inbox” hanya pada saat Anda ingin mem-filter email-email yang terkesan “mengganggu” atau “terus menerus muncul”, bukan email yang penting. Selamat mem-filter!

Apabila Anda ingin me-request tutorial seputar dunia teknologi, silakan hubungi kami melalui email di contact@techrity.com atau melaluiĀ form ini. Salam dari Techrity!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.