10 Pekerjaan Yang Tidak Ada 10 Tahun Lalu (Bagian 1)

Work-from-Home

Perkembangan dunia teknologi informasi sangat membawa perubahan dalam kehidupan manusia sehari-hari, banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena digantikan oleh teknologi informasi. Namun jangan liat dari sisi negatifnya saja, dari sisi positifnya kami mendapati bahwa ada 10 pekerjaan baru yang tidak ada 10 tahun yang lalu, artinya pekerjaan-pekerjaan ini kemungkinan besar muncul akibat perkembangan teknologi informasi.

Apa saja pekerjaan-pekerjaan yang tidak ada 10 tahun yang lalu? Dikutip dari Forbes, inilah 10 pekerjaan yang tidak ada 10 tahun yang lalu:

1. App Developer

apps-developer

Dengan munculnya iPhone pada tahun 2007 dan Android beberapa saat kemudian membuat permintaan aplikasi-aplikasi penunjang sangat meningkat tajam dan ini merupakan peluang emas bagi para pembuat aplikasi dan software, karena kini aplikasi tidak lagi dijual secara tradisional melainkan melalui toko aplikasi seperti App Store atau Play Store dan dapat dipasarkan ke seluruh dunia.

2. Market Research Data Miner

Informasi dan data-data mengenai customer kini menjadi suatu hal yang sangat krusial bagi perusahaan dan bisnis. Dari data-data yang bersifat struktural seperti transaksi, semi-struktural seperti perilaku pengguna, dan tidak terstruktur dimanfaatkan oleh para analis dan ilmuwan untuk mencari pola perilaku customer guna memprediksi tren masa depan.

3. Educational / Admissions Consultants

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan utama di jaman ini, ketika para orang tua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing tak jarang mereka sering kali kebingungan untuk menentukan pendidikan yang terbaik dari anak-anaknya dari taman kanak-kanak hingga universitas. Educational consultants atau admissions consultants berperan untuk membantu para orang tua untuk menentukan pendidikan yang paling tepat untuk anak-anaknya.

4. Millennial Generational Expert

Orang-orang yang menjadi millennial generational expert atau sering juga disebut sebagai generational consultant membantu perusahaan-perusahaan untuk bisa beradaptasi dengan jaman sekarang dan manusia-manusia generasi Y. Tidak dapat dipungkiri perubahan jaman menuntut perusahaan yang sudah ‘berumur’ untuk bisa berubah, mengikuti, dan menyesuaikan dengan hal tersebut agar bisa terus kompetitif dan melanjutkan bisnisnya. Para konsultan mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi tantangan untuk merekrut dan mengembangkan para profesional muda yang berasal dari generasi Y untuk mempersiapkan mereka menjadi calon penerus executive di perusahaan tersebut.

Selain itu para konsultan juga membantu agar orang-orang yang bukan berasal dari generasi Y yang ada di perusahaan untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman yang terjadi saat ini, supaya mereka bisa bekerjasama dengan para karyawan lainnya yang berasal dari generasi Y atau menarik pengguna yang berasal dari generasi Y.

5. Social Media Manager

Social Media Management

Jejaring sosial saat ini sudah sangat diperlukan untuk sebuah bisnis dan perusahaan, khususnya perusahaan yang bergerak pada bisnis B2C (Business to Consumer), mulai dari sebuah bisnis menjual keripik seperti Maicih hingga perusahaan besar seperti Microsoft, Google, dan sebagainya sangat memanfaatkan jejaring sosial.

Social Media Manager bertugas untuk menyusun strategi yang tepat bagi perusahaan untuk memanfaatkan jejaring sosial untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas customer.

 

Update: 10 Pekerjaan Yang Tidak Ada 10 Tahun Lalu (Bagian 2).

Sumber gambar: soshabletheappmediacosiliconbayounews

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.