[Intermezzo] Mesin Paling Tidak Berguna

The Most Useless Machine

Mesin biasanya didesain untuk dapat membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan atau mungkin memenuhi kebutuhan seseorang. Namun ternyata ada juga mesin yang didesain untuk melakukan hal yang sebenarnya kurang berguna. Ingin lihat?

Mesin yang bahkan oleh pembuatnya sendiri diberi nama “Mesin paling tidak berguna” ini memang.. tidak berguna.

Mesin ini berbentuk sebuah kotak setengah ukuran kotak sepatu. Di bagian atasnya terdapat switch yang apabila Anda aktifkan akan dimatikan kembali oleh si mesin ini. Hmm.

Mari kita lihat dulu seperti apa aksi mesin tersebut:

Tetapi walaupun mesin ini “tidak berguna”, tetapi ada juga kegunaan mesin ini: untuk “meramal”. Seperti contohnya, si pembuat mesin membuat video di bawah yang menampilkan dua buah mesin tersebut dipasang bersampingan, dan mesin tersebut pun “diadu” untuk melihat siapa yang kalah. Dalam hal ini, kedua mesin tersebut meramal siapakah yang akan menang di pemilu yang akan diadakan di Amerika beberapa bulan yang lalu.

Ada juga yang membuat mesin dengan konsep serupa tetapi memiliki beberapa switch:

Menurut Anda, apakah mesin ini memiliki kegunaan lain? Atau memang ini benar-benar mesin yang paling tidak berguna sejagat?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.