Bing Maps Kalahkan Apple Maps di Tes Akurasi

google maps apple maps 550px

Sejak dirilisnya kembali Google Maps di iOS, pengguna map di iOS 6 semakin meningkat. Meski begitu, masih banyak pengguna iOS yang menyayangkan Apple Maps tidak bekerja sebagaimana mestinya. Setelah di tes untuk tingkat keakuratan peta pun, Apple Maps masih kalah dibandingkan dengan Google Maps, bahkan Bing Maps.

CrowdFlower mengadakan tes keakuratan untuk penggunaan maps. Bagaimana cara kerja tim CrowdFlower saat mengetes keakuratan? Mereka membuat list 1000 tempat bisnis di US dan 100 tempat bisnis di UK sebagai perbandingan. Sebagai referensi data, mereka mencari website official tempat bisnis tersebut dan alamat pastinya.

Setelah itu, tim CrowdFlower mencoba mencari tempat bisnis tersebut di Google Maps, Apple Maps, dan Bing Maps. Setelah itu, mereka bandingkan bagaimana hasilnya. Sebagai perbandingan hasil, mereka membuat 2 perbandingan. Apakah tempat bisnis tersebut ditemukan? Apakah tempat bisnis tersebut akurat lokasinya?

Hasil pertama dari perbandingan semua maps untuk ‘Apakah tempat bisnis ditemukan?’ adalah Google Maps yang paling banyak menemukan tempat bisnis yang dicari. Untuk di US ditemukan 89% dan di UK ditemukan 91%. Sedangkan peringkat kedua ternyata Bing Maps lebih banyak ┬ámenemukan tempat bisnis di US sebanyak 79% dibandingkan dengan Apple Maps yang hanya dapat menemukan sekitar 74%.

Google Maps, Apple Maps, Bing Maps Test1

Hasil kedua untuk keakuratan lokasi atau bahkan salah lokasi adalah Apple Maps yang menduduki peringkat pertama.

apple maps google maps bing maps test2

Saat Google Maps menempati peringkat pertama, ternyata Bing Maps dari Microsoft pun menempati peringkat kedua. Bing Maps menjadi layanan peta yang cukup bermanfaat dibandingkan dengan Apple Maps.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.