Gangnam Style dan Sejarah Baru YouTube

Gangnam Style

Seperti yang kita ketahui, kemarin malam waktu Indonesia bagian barat, video Gangnam Style telah menembus satu miliar tayangan. Apa saja fakta-fakta menarik di balik video tersebut? Mari kita simak!

Satu juta tayangan? Tahukah apa yang luar biasa? Satu miliar tayangan. – Kevin Allocca, YouTube trends manager

Kemarin YouTube mencatat sebuah sejarah baru. Salah satu video paling viral yang ada di dalamnya, Gangnam Style, menembus satu miliar tayangan. Iya, satu MILIAR!

Video yang menjadi viral berkat irama yang catchy, tarian kuda yang unik dan energik ini dapat dinikmati oleh setiap orang di seluruh dunia berkat internet, dan tentunya, YouTube. Coba bayangkan apabila kita hidup di masa lalu yang belum ada internet, kita tidak akan mengetahui ada video-video semacam ini dengan mudahnya.

Selain mencatat satu miliar tayangan, Psy juga memiliki beberapa fakta menarik, antara lain:

  • PSY sebenarnya sudah cukup tenar di Korea, namun pada tahun 2012, ia menjadi seorang selebriti global saat Gangnam Style cepat menyebar dari Seoul ke Asia Pasifik ke Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa. Videonya terlihat setidaknya 1 juta kali di hampir 75 negara, membuatnya menjadi salah satu sensasi musik terpopuler di seluruh dunia!
  • Mulai dari seribu orang melakukan flash mob di Jakarta  sampai cover video dari Ai Weiwei  dan Mitt Romney . Ribuan parodi video itu di-upload ke YouTube dan beberapa di antaranya memiliki jutaan tayangan. Video fans terhadap Gangnam Style telah dilihat lebih dari 20 juta kali setiap harinya.
  • Video remix Psy dengan Hyuna  sendiri memiliki 200 juta tayangan.
  • “Gangnam Style” adalah istilah pencari terpopular dan ngetren di YouTube pada tahun 2012. Dan pada tanggal 6 Oktober, YouTube menerima lebih dari lima juta pencarian untuk “Gangnam Style” dalam satu hari. Lihatlah  yang menunjukkan beberapa pencarian paling populer tahun ini di YouTube.
  • Bagi mereka yang tertarik pada sisi bisnis: ada sejumlah penilaian and proyeksi yang telah diposting online mengklaim “Gangnam Style” telah menghasilkan lebih dari $8,1 juta dari penawaran iklan, di-download lebih dari 2,9 juta kali sejak Juli, dan mencapai prestasi luar biasa lainnya!
  • Sejak akhir bulan lalu, 600.000 orang telah membeli lagu ini di iTunes, membuat PSY sebagai artis Korea pertama untuk mencapai peringkat #1 di chart iTunes Amerika Serikat dan #1 di lebih dari 30 negara.

Selain itu, video ini juga berhasil mengalahkan video dari Justin Bieber yang berjudul Baby. Video Baby dari Justin Bieber tersebut tadinya merupakan video dengan tayangan terbanyak, tetapi dibalap oleh Gangnam Style dalam waktu kurang dari setengah tahun!

Mari lihat perbandingan tayangan Baby dan Gangnam Style dari waktu ke waktu:

Baby vs Gangnam Style Chart 12_20

Itulah fakta-fakta menarik seputar video Gangnam Style. Kira-kira video viral apa lagi yang akan muncul di YouTube di masa depan? Mungkin Anda sudah memiliki ide untuk membuat video viral Anda sendiri? Ayo segera direalisasikan!

Video 1:

Video 2:

Video 3:

Video 4:

Video 5:

Sumber: YouTube Global

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.