10 Gadget Yang Tidak Lagi Diproduksi Pada Tahun 2012

discontinued

Sebuah produk tentu memiliki umurnya tersendiri, terutama sebuah barang elektronik. Perkembangan jaman akan memakan usia dan kegunaan barang tersebut, dan produk-produk baru yang akan menggantikannya semakin canggih. Apa saja 10 produk yang tidak lagi diproduksi oleh raksasa-raksasa perusahaan teknologi pada tahun 2012 ini?

Dikutip dari Mashable, inilah 10 gadget yang tidak lagi diproduksi pada tahun 2012:

1. Apple MacBook White

whitemacbook

MacBook yang akrab dengan para pelajar ini telah resmi dihentikan produksinya pada tahun 2011, namun pada awal 2012, Apple telah memutuskan untuk tidak akan ‘mengurus’ MacBook White lagi mulai dari update software, aksesoris, dan lain sebagainya.

2. Dell Venue/Venue Pro

dell-venue-pro

Dell Venue dan Dell Venue Pro adalah smartphone Windows Phone dari Dell, setelah mengalami berbagai permasalah teknis, akhirnya smartphone ini segera menemui ‘ajal’-nya.

3. Amazon Kindle DX

kindledx

Di Indonesia kita tidak terlalu mengenal produk-produk Amazon, namun beda cerita kalau Anda tinggal di Amerika Serikat dan sekitarnya. Amazon memutuskan untuk menghilangkan Amazon Kindle DX dari jajaran pasukan Kindle lainnya. Kindle DX diluncurkan pada tahun 2009.

4. iPad generasi 3

ipad 3

Bagi Anda yang memiliki iPad generasi 3, mungkin berita mengenai iPad generasi 4 yang diluncurkan bersamaan dengan iPad mini adalah suatu hal yang menyakitkan bagi Anda, pasalnya hal tersebut terjadi hanya sekitar 6 bulan dari peluncuran iPad generasi 3. Serta iPad generasi 4 memiliki spesifikasi, kualitas baterai, kamera, yang lebih baik dari iPad generasi 3 dan harga yang sama dengan iPad generasi 3.

5. Logitech Squeezebox

logitechsqueezebox

Produk yang satu ini juga mungkin tidak kita temukan di Indonesia, tetapi Logitech telah menyadari bahwa peluang bisnis platform musik sudah tidak mungkin mereka jalankan dan Logitech telah beralih ke UE Smart Radio service.

6. iPhone 3GS

iphone3gs

iPhone generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2009, mengingat sudah adanya iPhone 4, iPhone 4S, dan iPhone 5 wajar saja jika iPhone 3GS sudah tidak lagi diproduksi oleh Apple. Jika Anda berpikir untuk membelinya, bacalah artikel berikut ini.

7. Motorola Webtop

motorolawebtop

Motorola Webtop adalah kombinasi dari laptop dan smartphone, tetapi dengan harga yang terlalu tinggi dan rendahnya daya tarik pengguna untuk membelinya akhirnya Motorola memutuskan untuk ‘membunuh’ produk ini.

8. Apple MacBook Pro 17 inci

macbookpro

Diperkenalkan pada tahun 2003, pada tahun ini Apple memutuskan untuk tidak lagi memproduksinya dan merubah line up MacBook mereka menjadi MacBook Air, MacBook Pro, dan MacBook Pro Retina Display masing-masing berukuran 13 dan 15 inci.

9. Asus Eee PC Netbooks

asuseee

Steve Jobs pernah mengatakan bahwa netbook tidak lebih baik dari gadget apapun, oleh sebab itu Apple tidak meluncurkan netbook melainkan tablet. Dan hal tersebut dikatakan pada saat Apple pertama kali meluncurkan iPad dan saat ini sudah menjadi kenyataan. Asus menyatakan bahwa mereka akan berhenti memproduksi netbook dan akan fokus kepada tablet PC.

10. Google Nexus Q

Nexus Q

 

Bersamaan dengan peluncuran Nexus 4, Nexus 7, dan Nexus 10, Google juga memutuskan untuk sementara tidak menjual Nexus Q. Produk ini pada awalnya dikatakan sebagai “world’s first social media streamer“, namun karena peminatnya tidak banyak Google memutuskan untuk tidak menjualnya. Bagaimanapun juga gadget ini dianggap sebagai salah satu inovasi Google yang dipandang sebelah mata.

Bagaimana menurut Anda ke-sepuluh gadget yang sudah tidak lagi diproduksi pada tahun 2012 ini? Apakah ini langkah yang tepat bagi perusahaan tersebut atau justru Anda malah tidak mengenali gadget-gadget tersebut?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.