Google XPhone dari Motorola?

google-motorola

Google baru-baru ini mengakuisisi Motorola, dan disebut-sebut perusahaan tersebut tengah mengembangkan sebuah smartphone baru yang akan menyaingi iPhone. Seperti apakah smartphone tersebut?

Dikutip dari Wall Street Journalsmartphone tersebut secara internal perusahaan dikenal dengan sebutan “XPhone“. Kapan smartphone ini akan diluncurkan? Mengingat Nexus 4 baru saja diluncurkan bulan Oktober ini, kemungkinan besar smartphone XPhone tersebut akan diluncurkan tahun 2013 mendatang.

Dennis Woodside, mantan Top Sales Executive Google yang saat ini menjadi CEO Motorola, dalam sebuah wawancara dengan WSJ menolak untuk membicarakan produk yang sedang dikembangkan oleh Motorola. Namun ia mengatakan bahwa perusahaan tersebut berinvestasi dalam tim dan teknologi yang akan melakukan sesuatu yang sangat berbeda dari yang ada saat ini.

Tidak ada penjelasan lebih mendalam mengenai XPhone ini. Yang jelas jika Google dan Motorola akan mengembangkan sebuah super smartphone versi mereka sendiri, bagaimana dampaknya dengan perusahaan-perusahaan lain yang menjadi vendor pengguna Android, seperti Samsung, HTC, Sony, dan lain sebagainya? Google dan Motorola harus mempertimbangkan hal ini, karena bisa jadi malah memecah hubungan erat yang selama ini sudah terjalin.

Motorola juga mengatakan bahwa XPhone adalah penyebab dari Google yang baru-baru ini mengakuisisi perusahaan Viewdle, sebuah perusahaan yang berfokus pada produknya yaitu imaging dan gesture-recognition.

XPhone merupakan inisiatif dari Lior Ron, mantan Google Product Manager pada tim Google Maps. Hal yang mungkin menjadi pemacunya adalah karena buruknya penjualan smartphone Android Motorola (hanya sekitar 3%) jika dibandingkan dengan vendor lainnya yang juga menyebabkan Google harus memecat 4.000 karyawan Motorola (20% dari total karyawan).

Akuisisi Google terhadap Motorola merupakan akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Google sepanjang sejarahnya, sekitar $12.5 milyar Mei lalu.

Kira-kira jika Anda ditugaskan mengembangkan XPhone oleh Google dan Motorola (dengan arahan dari CEO adalah menggunakan teknologi yang berbeda dari yang ada saat ini), seperti apakah konsep XPhone dari imajinasi Anda? Sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah.

 

Sumber gambar: 9to5Google

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.