Instagram Membatalkan Kebijakan Barunya Setelah Menuai Protes

Instagram

Awal pekan ini, Instagram mengejutkan para penggunanya dengan memperkenalkan sebuah perubahan privacy policy and terms of service, mereka akan ‘menjual’ foto-foto para penggunanya. Sejak hari itu terjadi berbagai protes dilakukan di dunia maya, khususnya di Instagram itu sendiri oleh para penggunanya. Bagaimana kelanjutannya?

Setelah itu, Instagram menyadari bahwa terjadi kesalahan yang menyebabkan para penggunanya protes, dan mengatakan bahwa akan segera mengevaluasi kebijakan baru tersebut. Hal yang paling utama menjadi perhatian adalah mengenai iklan, bagaimana para pengguna resah Instagram akan menjadi pemegang hak milik foto-foto Anda dan kemudian ‘menjualnya’ kepada para pengiklan. Terjadi banyak kebingungan dan kekhawatiran oleh para penggunanya.

Akhirnya, hari ini Co-founder Instagram, Kevin Systrom melalui blog Instagram mengatakan:

Because of the feedback we have heard from you, we are reverting this advertising section to the original version that has been in effect since we launched the service in October 2010.

Karena umpan balik yang kami telah dengar dari Anda, kami mengembalikan bagian iklan ini untuk versi asli yang telah berlaku sejak kami meluncurkan layanan pada bulan Oktober 2010.

Kesimpulannya, Instagram membatalkan kebijakan barunya untuk ‘menjual’ foto-foto Anda. Terms of use yang saat ini berlaku selengkapnya bisa Anda lihat disini.

Lalu, apa yang akan dilakukan Instagram selanjutnya?

Instagram mengatakan bahwa daripada mereka meminta ijin kepada para pengguna untuk memperkenalkan produk-produk iklan yang belum dibuat oleh Instagram, Instagram akan meluangkan waktu untuk menyempurnakan rencana ini. Dan nantinya setelah rencana ini matang, Instagram akan kembali kepada para pengguna, serta menjelaskannya bagaimana Instagram akan menjalankan bisnis periklanan tersebut.

Dan pernyataan yang paling menarik adalah:

Instagram has no intention of selling your photos, and we never did. We don’t own your photos – you do.

Instagram tidak berniat menjual foto-foto Anda, dan kami tidak pernah melakukan. Kami tidak memiliki foto Anda – Anda yang memilikinya.

Jadi bagaimana para pengguna Instagram? Instagram telah berjanji tidak akan ‘menjual’ foto-foto Anda sekarang dan di masa yang akan datang. Kita sebagai para pengguna harusnya bisa merasa lebih lega untuk mengekspresikan kreativitas kita. Mari mulai memfoto dan memilih filter kembali!

 

Sumber gambar: CNN

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.