Distimo : Google Play Terus Berkembang, App Store Terus Menghasilkan Uang

google play vs app store

Perusahaan analisis aplikasi, Distimo, telah mengumumkan laporan terbaru mereka tentang Google Play dan App Store selama tahun 2012. Bagaimana hasil laporan Distimo tentang Google Play dan App Store selama tahun 2012?

Menurut laporan Distimo, Google Play terus berkembang dengan cepat selama tahun 2012 ini, sedangkan App Store terus menghasilkan keuntungan berlipat dari Google Play.

Selama 4 bulan ini, dikutip dari The Next Web, pendapatan harian dari Google Play telah bertumbuh sebanyak 43%, sedangkan App Store hanya mencapai 21%. Namun, sepanjang tahun ini, pendapatan App Store telah bertumbuh sebanyak 51% di 20 negara menurut Distimo.

Meskipun begitu, App Store mendapatkan penghasilan rata-rata lebih banyak dari Google Play. Misalnya saja pada bulan November, App Store mendapatkan penghasilan sebesar 15 juta dollar, kalah jauh jika dibandingkan dengan Google Play yang mendapatkan 3,5 juta dollar.

Penghasilan App Store tersebut ternyata didapatkan dari iPad. Pendapatan harian untuk iPhone meningkat kira-kira sebanyak 40%, sedangkan untuk aplikasi iPad menanjak jauh hingga 71%. Penghasilan bukan hanya didapatkan dari aplikasi berbayar, tetapi juga didapatkan dari mobile advertising, di mana iPad memuat lebih banyak iklan dibandingkan dengan iPhone.

Google dan Apple saling bersaing dalam pengembangan aplikasinya. Google yang lebih banyak menyediakan aplikasi gratis, sedangkan App Store lebih banyak menyediakan aplikasi berbayar. Google bahkan menempati posisinya di peringkat ketiga dalam list Top Publisher di App Store, diikuti oleh game developer Gameloft.

 

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.