RIM: BlackBerry 10 Akan Memiliki 70.000 Aplikasi Pada Saat Peluncuran

blackberry 10 release date

Jika Anda perhatikan saya sebenarnya sudah menulis cukup banyak mengenai BlackBerry 10, dan BlackBerry 10 adalah suatu hal yang cukup dinanti-nantikan oleh banyak orang karena akan menjadi momentum penting bagi Research In Motion (RIM) akankah perusahaan ini bangkit atau malah semakin terpuruk?

Chief Marketing Officer dari Research In Motion, Frank Boulben, yang baru menjabat sekitar enam bulan ia mengatakan bahwa dua tugas utama baginya adalah menjadi perusahaan kelas dunia untuk bidang pemasaran dan untuk mempersiapkan peluncuran dari BlackBerry 10 baru yang sudah cukup lama dipersiapkan oleh RIM.

Saat ini hal yang paling penting dalam meluncurkan sebuah platform baru seperti BlackBerry 10 atau Windows 8 dan Windows Phone 8 adalah ekosistem, ekosistem mengenai aplikasi-aplikasi yang tersedia pada platform tersebut yang mana kedua hal ini sudah cukup dirajai oleh iOS dan Android.

Frank Boulben mengatakan bahwa pada saat peluncuran, di BlackBerry World (nama baru BlackBerry App World) akan tersedia ribuan aplikasi. Tepatnya ia mengatakan:

At launch, we will have more than 70,000 apps available.

Pada saat peluncuran, kami akan memiliki lebih dari 70.000 aplikasi yang tersedia.

70.000? 70.000 adalah sebuah angka yang lumayan untuk sebuah platform yang baru saja diluncurkan! Tetapi jika dibandingkan dengan iOS atau Android atau bahkan Windows 8 saat ini, 70.000 adalah angka yang sangat kecil. Android saat ini sudah memiliki sekitar lebih dari 700.000 aplikasi, sedangkan iOS pada iPhone memiliki lebih dari 700.000 dan pada iPad memiliki lebih dari 250.000. Dan Windows Phone 8 sudah memiliki lebih dari 120.000 aplikasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai pernyataan CEO RIM, simak wawancara CMO RIM dengan Forbes berikut ini.

Terakhir kali, hal yang cukup tersebar mengenai BlackBerry 10 adalah tampilan antarmuka BlackBerry 10 dan gadget BlackBerry 10 seri L. Akankah kedua hal ini ditambah 70.000 aplikasi tersebut sudah dapat kita nikmati mulai 30 Januari mendatang?

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.