Kini Anda Dapat Men-download Seluruh Tweet Anda!

Twitter

Sesuai janji Dick Costolo, CEO Twitter, beberapa bulan yang lalu, pengguna Twitter sudah mulai dapat men-download arsip yang berisi seluruh Tweet mereka!

Twitter Archive 001

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin melihat tweet-tweet Anda di masa lalu yang sudah tenggelam di antara ribuan tweet lainnya. Anda juga dapat melihat tweet pertama Anda!

Dengan fitur yang diumumkan Twitter via blog mereka ini, maka Anda dapat men-download seluruh arsip Twitter Anda, sehingga seluruh Tweet (termasuk Retweet) dari awal mula akun Anda dibuat dapat Anda simpan di komputer Anda. Setelah Anda men-download-nya, Anda dapat melihatnya berdasarkan bulan, dan Anda juga dapat mencari arsip tersebut untuk menemukan Tweet yang mengandung kata-kata, hashtag, ataupun mention tertentu.

Untuk melihatnya, Anda dapat langsung membuka Settings (Twitter bahasa Indonesia: Pengaturan) dan scroll ke bawah, dan ada sebuah opsi untuk me-request arsip Twitter Anda di sana. Apabila ada, Anda dapat langsung mengeklik tombol tersebut. Apabila arsip Anda sudah siap, Twitter akan mengirimkan email berisi instruksi bagaimana cara men-download-nya.

Twitter Archive 002

Apabila Anda tidak menemukan opsi tersebut, bersabarlah! Twitter merilis fitur ini secara bertahap, mulai dari para pengguna yang menggunakan bahasa Inggris. Dalam beberapa minggu, fitur ini akan dapat diakses oleh pengguna dari seluruh dunia, dalam berbagai bahasa.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.