Instagram Kini ‘Menjual’ Foto-Foto Anda

Instagram

Beberapa hari yang lalu, Facebook berencana untuk meng’uang’kan Instagram. Ini baru berupa rencana. Nyatanya, Instagram malahan telah membuat kebijakan baru yang meresahkan para pengguna Instagram. Apa kebijakan tersebut ?

UPDATE:

Instagram telah memberikan pernyataan resmi mengenai hal ini, dan menyatakan bahwa mereka tidak akan mengambil hak milik atas foto Anda. Lihat artikel lengkapnya di sini.

Simak kebijakan baru yang ditulis oleh Instagram dan mulai berlaku tanggal 16 Januari 2013 mendatang.

“To help us deliver interesting paid or sponsored content or promotions, you agree that a business or other entity may pay us to display your username, likeness, photos (along with any associated metadata) and/or actions you take, in connection with paid or sponsored content or promotions, without any compensation to you.”

“Untuk membantu kami memberikan bayaran menarik atau konten yang disponsori atau promosi, kalian setuju bahwa bisnis atau sejenisnya boleh membayar kami untuk menunjukkan username kalian, like kalian, foto (beserta dengan lokasi data) kalian, dan/atau yang kalian lakukan di Instagram, ada hubungannya dengan bayaran atau konten yang disponsori atau promosi, tanpa ada kompensasi untuk kalian.”

Singkatnya, foto yang kalian upload ke Instagram, data lokasi kalian, dan info lainnya di profile Instagram akan digunakan untuk membantu iklan-iklan baik di Instagram maupun Facebook. Instagram akhirnya menetapkan kebijakan baru ini di mana Instagram bisa memberikan informasi kalian dengan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan Instagram, contoh Facebook.

Tentu saja, para pengiklan Facebook nantinya akan bisa mengakses data pengguna Instagram untuk keperluan iklan mereka.

Jadi, sama saja dengan kalian para pengguna Instagram akan bekerja secara ‘gratis’ untuk Instagram sendiri. Konten yang kalian upload ke Instagram akan digunakan oleh Instagram untuk menghasilkan uang. Sayangnya, konten kalian yang digunakan oleh Instagram tidak akan dibayar kepada kalian si pemilik konten.

Bagaimana menurut pandangan kalian tentang kebijakan baru dari Instagram ini? Berencana untuk menghapus akun Instagram atau tetap memiliki akun Instagram?

 

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.