comScore: 6 dari 10 Ponsel di Inggris Adalah Smartphone

Smartphone

comScore baru saja merilis data mengenai tren mobile dari lima pasar utama Eropa (Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris). Tren yang tergambar di penelitian ini merupakan hasil penelitian selama tiga bulan yang berakhir pada Oktober 2012. Penasaran seperti apa hasilnya?

Salah satu fakta menarik dari penelitian yang dilakukan oleh comScore ini adalah: 6 dari 10 orang Inggris menggunakan smartphone. Penetrasi smartphone di lima negara eropa ini meningkat cukup signifikan, yaitu sebesar 13%, dari 41,6% menjadi 54,6%. Kenaikan tertinggi dialami oleh Spanyol yang meningkat sebesar 14,8%, dan paling rendah adalah Italia yang hanya meningkat 9,1%.
comScore Smartphone Penetration 001

Dilihat dari vendor, smartphone yang paling populer di lima negara Eropa ini adalah iPhone keluaran Apple. Tetapi sepertinya Apple perlu mewaspadai Samsung, karena penetrasi Samsung meningkat sangat tinggi, yaitu 12,8%, dibandingkan dengan Apple yang hanya meningkat 1,5%. Sementara itu, RIM, HTC, dan Nokia menderita penurunan pengguna, dengan penurunan paling tinggi dialami oleh Nokia dengan -8,1%.

comScore Smartphone Penetration 002

Sedangkan secara sistem operasi, Android ternyata menguasai kelima negara ini, dengan persentase 46,6% atau naik 12,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di bawahnya ada Apple dengan 28%, meningkat sebesar 1,5%. Symbian, di sisi lain, mengalami penurunan pasar sebesar 10,8% menjadi 6,4%.
comScore Smartphone Penetration 003Kira-kira seperti apakah pergerakan trend pasar mobile di Eropa di masa yang akan datang? Apakah Android akan terus mendominasi pasar Eropa, ataukah ada sistem operasi lain yang baru akan datang di tahun depan? Kita lihat saja!

 

Sumber: comScore, Gambar: howtotorials

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.