Bagaimana Cara Meningkatkan Sinyal WiFi Anda?

How to boost your WiFi signal

Jika di rumah atau kantor Anda terpasang WiFi, pernahkah Anda merasa bahwa sinyal WiFi di rumah Anda sangat terbatas sehingga Anda berpikir untuk membeli repeater atau router baru sebagai tambahan atau menggantikan yang lama? Tahan dulu kemauan Anda, ada cara lain untuk meningkatkan sinyal WiFi Anda tanpa harus menghabiskan uang banyak. Anda cukup membeli satu kaleng bir!

Ya kaleng bir yang terbuat dari aluminium, karena aluminium sifatnya menghantarkan sinyal sehingga akan memperkuat sinyal WiFi Anda.

Hal ini sama seperti para pengguna yang seringkali bingung mengapa laptop atau PC dari Apple (Macintosh) mendapat sinyal WiFi yang lebih tinggi dan lebih cepat dibandingkan dengan laptop atau PC lainnya? Karena bahan dasar laptop atau PC dari Apple rata-rata adalah alumunium yang salah satu fungsinya adalah memperkuat sinyal.

Menurut Hack College, ada tiga cara untuk meningkatkan sinyal WiFi Anda di rumah, antara lain:

  1. Flip through channels
    Ganti saluran WiFi yang terkoneksi dengan komputer atau gadget Anda, semakin banyak gadget yang terkoneksi dengan WiFi tersebut, kemungkinan besar WiFi tersebut akan semakin ‘sibuk’ atau crowded dan menjadi lambat. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa apakah sebuah jaringan WiFi crowded atau tidak.
  2. Pindahkan router Anda
    Meletakkan router Anda ditempat yang salah bisa jadi membuat gadget Anda kesulitan untuk mendapat sinyal WiFi tersebut.
  3. Gunakan potongan kaleng bir!

Untuk lebih jelasnya, langsung saja saksikan video berikut ini.

Tertarik mencobanya?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.