User Experience Dalam Dunia Nyata, Perumpamaan Dari Google Analytics

Grandma Using Internet

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan bisnis secara online, website adalah senjata utama Anda. Tapi pada kenyataannya membuat website tidaklah semudah yang Anda kira.

Hal yang biasanya paling dianggap gampang tetapi justru merupakan hal yang tersulit dan terpenting adalah user experience, bagaimana seorang pengguna dapat mendapatkan apa yang mereka inginkan secara mudah, tepat, dan cepat, serta membuat ia tetap betah, nyaman, dan kembali lagi ke website tersebut.

Google Analytics melalui blognya, ingin membantu Anda bagaimana seharusnya membuat website yang tepat dengan cara membuat perumpamaan dalam dunia nyata melalui video-video yang menarik.

Hal-hal yang Anda perlu perhatikan dalam membangun sebuah website, terutama website e-commerce atau website yang tujuannya menghasilkan sebuah transaksi adalah:

1. Landing Page

Pastikan landing page Anda, yang mana halaman website yang dibuka oleh pengguna untuk mulai melakukan transaksi, memenuhi harapan pengguna Anda.

2. Search

Kemudahan untuk mencari hal-hal atau produk-produk yang diharapkan oleh para pengguna website Anda, jangan lupa untuk menyusun per kategori produk dan memastikan bahwa di dalam website Anda terdapat search box.

3. Checkout dan Transaksi

Biasanya sebuah website e-commerce menggunakan sistem cart, produk-produk yang sudah dipilih oleh pengguna ditampung ke dalam sebuah ‘keranjang virtual’, kemudian barulah melakukan checkout dan transaksi. Bagaimana sebaiknya proses checkout yang baik hingga terjadinya kemudahan transaksi bagi para pengguna?

4. Mobile Site

Mobile site atau website yang nyaman ketika dibuka melalui gadget-gadget yang sifatnya mobile, seperti smartphone atau tablet. Lebih jelasnya Anda bisa lihat disini.

Bagaimana, apakah Anda sudah mendapat gambarannya dari ketiga video ini? Semoga berguna bagi website dan bisnis Anda.

 

Sumber gambar: Social Web Daily

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.