Petinggi Samsung Ini Pecinta Produk Apple

Samsung

Samsung dan Apple memang perusahaan yang memiliki persaingan sangat ketat, bahkan tak jarang persaingan mereka dibawa ke meja hijau karena masalah paten. Tetapi tahukah Anda kalau seorang petinggi Samsung menggunakan produk-produk Apple di rumahnya, karena alasan ekosistem produk Apple menurutnya lebih baik?

Young Sohn, yang menduduki jabatan sebagai president and chief strategy officer di Samsung, mengakui hal tersebut pada saat menjalani wawancara dengan MIT Technology Review.

Berikut adalah kutipan dari wawancara yang dilakukan oleh MIT Technology Review, terkait perbandingan antara teknologi Samsung dengan Apple.

“OK, so think about Apple compared to Samsung. I use a Mac, actually, at home. I’ve always used Mac, an iPhone, and an iPad. I also have the Galaxy. So I’m a great example.

If you look at the strengths of Apple, in a way it’s not the product per se. It’s that consumers like their ecosystem such as iCloud. I like that my family 6,000 miles away in Korea is able to see my schedule and see all of my contacts and photos. It is sticky, but it is a proprietary architecture.

Look at your phone [pointing to my Samsung Galaxy Nexus]. It’s a better phone, in my view. It’s a better display. It’s faster. But eventually the connected ecosystem is really critical.”

” OK, jadi mari kita bandingkan Apple dengan Samsung. Sebetulnya saya menggunakan Mac di rumah. Saya selalu menggunakan Mac, iPhone, dan iPad, tetapi juga menggunakan Galaxy. Jadi saya adalah sebuah contoh yang baik.

Apabila Anda melihat kekuatan dari Apple, tidak dari produknya satu per satu. Konsumen sangat menyukai ekosistem seperti iCloud. Keluarga saya yang berada di Korea dapat melihat jadwal saya dan juga contact dan foto saya. …

Lihatlah ponsel Anda [menunjuk ke Samsung Galaxy Nexus milik pewawancara]. Itu adalah ponsel yang lebih baik menurut saya. Layarnya lebih bagus. Lebih cepat. Tetapi nyatanya ekosistem yang terkoneksi lebih penting.”

Wah, bahkan bos Samsung pun menggunakan Apple dan mengakui bahwa ekosistem Apple lebih baik daripada ekosistem yang dimiliki oleh Samsung. Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.