Eric Schmidt: Google Memenangkan Perang Melawan Apple

apple vs android

Chairman dari Google yang juga merupakan mantan CEO Google, Eric Schmidt, mengatakan bahwa dalam peperangan sistem operasi mobile, Google memenangkan perang melawan Apple.

Pernyataan menarik tersebut dikutip dari sebuah wawancara antara Eric Schmidt dengan Bloomberg. Wajar saja pernyataan tersebut terlontar dari Eric Schmidt, mengingat data terakhir dari IDC pangsa pasar Android sudah mencapai 75%, meskipun sebagian besar masih dikuasai oleh Gingerbread.

Dalam wawancara tersebut Eric Schmidt mengatakan:

This is a huge platform change; this is of the scale of 20 years ago – Microsoft vs Apple.

Ini adalah perubahan platform yang besar; ini adalah dari skala 20 tahun yang lalu – Microsoft vs Apple.

Ia melanjutkan:

We’re winning that war pretty clearly now.

Sudah cukup jelas bahwa kami memenangkan perang ini .

Pernyataan yang menarik dari Eric Schmidt mengingat ia membandingkan hal tersebut dengan kejadian peperangan sistem operasi PC sekitar 20 tahun lalu antara Microsoft vs Apple, dan Eric Schmidt merasa bahwa ‘merekalah Microsoft’ yang memenangkan peperangan tersebut.

Tetapi mungkin ada hal-hal tertentu yang bisa dipelajari dari Microsoft saat ini mengenai hal tersebut, yaitu apabila ketika perusahaan yang sudah ada di atas dan memimpin pasar tidak pernah berinovasi secara serius, maka…. lihatlah Microsoft beberapa waktu lalu sebelum meluncurkan Windows 7 dan 8.

Sebelumnya Eric Schmidt juga penasaran mengapa Apple belum menuntut Google. Dan Apple juga merasa bahwa produk Android adalah produk curian, oleh sebab itu Apple sekarang sering sekali terlibat perang paten dengan berbagai vendor Android, yang paling terdengar adalah dengan Samsung.

Jadi apakah Anda setuju dengan Eric Schmidt bahwa Android sudah memenangkan peperangan sistem operasi mobile melawan Apple dengan iOS-nya? Saya rasa hal ini belum sepenuhnya benar dan tentunya masih bisa diperdebatkan. Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: abheysharma.wordpress.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.