SDK BlackBerry 10 Versi Gold Kini Tersedia

BlackBerry 10 SDK Gold

Perjalanan panjang BlackBerry 10 rasanya benar-benar penuh hambatan, berbagai penundaan telah dilakukan, namun hasilnya akan segera bisa dinikmati pada Januari mendatang. 30 Januari 2013 adalah tanggal yang dijadwalkan RIM untuk meluncurkan BlackBerry 10, bagaimana dengan aplikasi-aplikasi pihak ketiga pendukung ekosistem BlackBerry?

Mulai hari selasa kemarin, melalui Developer Blog BlackBerry, RIM mengumumkan SDK BlackBerry 10 versi Gold kini telah tersedia!

Membuat aplikasi di BlackBerry 10 memang sedikit unik, jika Android menggunakan Java, iOS menggunakan Objective C, BlackBerry 10 dapat menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman. Sebut saja C atau C++, HTML5, Adobe AIR (Action Script), Java Android Runtime, Java BlackBerry Java, dan berbagai platform lainnya.

SDK yang mendapat versi Gold adalah:

  • SDK untuk HTML5 (WebWorks),
  • SDK untuk Java Android Runtime,
  • SDK untuk Adobe AIR.

Yang sedikit menjadi perhatian bagi para developer adalah SDK versi Gold ini baru dirilis sekitar kurang dari 2 bulan menjelang peluncuran BlackBerry 10 itu sendiri, ditambah sebentar lagi musim liburan.

Apakah ketika nantinya BlackBerry 10 siap digunakan sudah banyak aplikasi yang mendukung platform tersebut? Atau malah seperti Windows 8 dan Windows Phone 8 yang aplikasinya masih sangat terbatas?

 

Sumber gambar: BlackBerry Developer

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.