Jelajahi Langit Malam dengan Google Maps

Mungkin Anda sudah sering menjelajahi dunia (dan melihat atap rumah Anda sendiri) dengan menggunakan Google Maps. Pernah membayangkan menjelajah dunia yang sedang dalam kegelapan malam? Google Maps, bekerja sama dengan NASA/NOAA baru saja merilis Google Maps versi malam!



Google Maps versi malam tersebut merupakan sebuah layer yang disebut sebagai Earth at Night 2012, dan merupakan hasil kerjasama Google dengan NASA Earth Observatory dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Data tersebut diberi nama Black Marble karena warnanya yang cenderung hitam pekat, tetapi bersinar di berbagai titik.

Gambar tersebut diambil selama sembilan hari pada bulan April 2012, dan 13 hari pada bulan Oktober 2012, dan membutuhkan 312 orbit untuk mendapatkan gambaran tajam atas setiap bagian dari bumi.

Peta tersebut memiliki tampilan yang sangat mengagumkan, Anda dapat melihatnya secara langsung di sini.

 

Sumber: Google Maps di Google+

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.