Akhirnya, Photo Filter Resmi Hadir di Twitter

Twitter Photo Filters

Setelah cukup banyak dirumorkan, akhirnya, fitur photo filter hadir di aplikasi mobile Twitter. Fitur filter foto ini akan menjadi penantang serius Instagram, yang baru-baru ini juga terlibat perang ‘urat syaraf’ dengan Twitter.

Sebuah kabar gembira bagi Anda, kini Anda tidak lagi memerlukan aplikasi photo editor lainnya untuk menge-tweet sebuah gambar tertentu yang ingin Anda buat ‘lebih cantik’ terlebih dahulu, karena kini Anda bisa melakukannya langsung di aplikasi mobile Twitter.

Melalui blognya, Twitter mengumumkan hadirnya fitur filter foto (photo filter) terbaru. Fitur tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Aviary, sebuah startup yang berfokus pada pengembangan aplikasi filter foto, sehingga aplikasi mobile terbaru dari Twitter menghadirkan berbagai fitur filter dan efek foto, tidak kalah banyak dari aplikasi photo editor lain.

Fitur filter foto ini bisa Anda dapatkan dengan cara melakukan update aplikasi resmi Twitter mobile di iOS dan Android. Untuk BlackBerry dan Windows Phone? Hmm…. jika saya berbicara mengenai BlackBerry yang ada saat ini sepertinya Anda seharusnya sudah tahu jawaban saya, tetapi untuk Windows Phone aplikasi Twitter di Windows Phone 8 memang belum tersedia sampai saat ini, baru tersedia di Windows Phone 7.

Bagaimana cara menggunakannya? Langsung saja simak video berikut ini.

Ada 3 fitur utama dalam photo filter yang dihadirkan oleh Twitter dalam aplikasi milik mereka:

  1. Quick Fix
    Untuk memperbaiki warna dari foto Anda secara otomatis,
  2. Crop
    Untuk memotong dan menyesuaikan gambar Anda sesuai dengan kemauan Anda, Anda juga bisa membuatnya menjadi horizontal atau vertikal,
  3. Filter
    Inilah fitur utama yang baru ditambahkan Twitter, mirip seperti filter yang ada di Instagram, pada aplikasi Twitter sampai saat ini terdapat 9 filter yang dapat Anda gunakan.

Sebelumnya Twitter dan Instagram berselisih, rasanya dimulai jauh semenjak Instagram dibeli oleh Facebook yang kemudian menghadirkan layanan website Instagram, kemudian dirumorkan beberapa karyawan Twitter sedang mencoba fitur filter foto,  dan terakhir Instagram yang secara resmi menghilangkan integrasi foto ke Twitter.

Mungkin ini juga merupakan salah satu langkah Twitter untuk menarik para penggunanya menggunakan aplikasi Twitter resmi, mengingatnya banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan jasa serupa. Jadi bagi Anda pengguna iOS dan Android yang ingin menikmati layanan ini, langsung saja update aplikasi Twitter Anda di App Store atau Play Store.

Saya sudah mencobanya, dan hasilnya lumayan memuaskan:

 

dan Anda sebaiknya jangan mau kalah dengan saya. Segera cobalah menggunakan fitur ini, dan beritahu kami di kolom komentar.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.