3 Alasan Utama Anda Membutuhkan Mobile Site untuk Meningkatkan Bisnis Anda di Indonesia

Mobile Site

Anda akan mudah sekali mencari berbagai alasan sebagai motivasi bagi Anda untuk mulai mengembangkan mobile site bagi bisnis Anda jika mencarinya di Google. Tetapi Anda hanya akan membutuhkan waktu 3 menit untuk selesai membaca artikel ini dan anggap saja 3 alasan di bawah ini sebagai titik untuk mengakhiri pertimbangan Anda selama ini.

1.   245 juta penduduk Indonesia adalah target pasar bisnis Anda

210 juta dari 245 juta atau lebih dari 85% penduduk Indonesia adalah pelanggan mobile internet dan jumlah pengguna broadband dan 3G user sebanyak 4 juta pelanggan.

GoMo, pengembangan dari Google yang membantu pebisnis untuk memaksimalkan platform mobile mereka, menyebutkan bahwa pada tahun 2013 akan ada lebih banyak jumlah pengguna mobile phone ketimbang pengguna PC. Sudah lebih dari 55% orang dewasa di seluruh dunia yang mengakses internet dari mobile phone mereka.

Mobile sites are designed for the small screen, with the needs of mobile users in mind. A mobile-friendly site can help your business connect with customers and increase sales, but a bad mobile experience can drive your customers to your competition.”

– Compuware, “What Users Want from Mobile,” 2011

Maksud dari quote di atas adalah semua desain halaman website Anda yang sangat canggih, hasilnya akan berbeda apabila diakses melalui mobile phone yang layarnya lebih kecil. Selain itu, desain halaman website yang sangat bagus tersebut mungkin akan akan memakan banyak waktu dan memberatkan pengguna mobile phone karena besarnya jumlah data yang diakses untuk membuka halaman website tersebut, sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi pengalaman pengguna mobile phone dan yang paling buruk, membuat pelanggan berpindah ke pesaing Anda yang mungkin sudah siap dengan mobile site untuk bisnis mereka.

2.   Perlombaan Produksi Smartphone dan Tablet

Anda pasti dapat menyebutkan sedikitnya 2 smartphone atau tablet terbaru dan yang tentunya didukung oleh operating system yang semakin baik. Mulai dari Apple, Samsung, Sony, HTC, Nokia, dan lainnya berlomba-lomba menawarkan produk baru mereka di tahun 2013.

Namun sampai sekarang rupanya Blackberry masih menjadi favorit orang Indonesia, meskipun tren mulai menunjukkan kecenderungan orang Indonesia memilih dan menggunakan smartphone yang didukung Android. Tidak diragukan lagi semakin banyak smartphone atau tablet yang akan dikonsumsi orang Indonesia di keesokan hari karena mereka lapar akan experience yang didapat dari teknologi canggih tersebut.

3.   Tarif Langganan Akses Mobile Internet yang Semakin MURAH

Salah satu alasan semakin banyak orang Indonesia yang berlangganan layanan mobile internet adalah karena tarif layanan paket data internet yang murah dan ada lebih dari 10 operator telekomunikasi di Indonesia yang saling bersaing memperebutkan pasar yang sama. Namun sayangnya kualitas layanan tidak sebaik harga yang mereka tawarkan.

Kebanyakan orang Indonesia akan berkomentar kalau akses internet dengan paket data internet mobile mereka bisa dikatakan tidak sebaik yang mereka harapkan atau dengan kata lain, lambat. Hal ini juga yang seharusnya menjadi pertimbangan Anda untuk semakin yakin bahwa bisnis Anda membutuhkan mobile site yang lebih mudah dan lebih cepat diakses dari mobile phone pelanggan.

Dari ketiga alasan di atas, masih adakah alasan lain yang membuat Anda menunda untuk memulai pengembangan mobile site bagi kesuksesan bisnis Anda di masa depan, terutama di Indonesia?

Sumber gambar: GoMoHubbard One.

 


Karen Kamal
adalah co-founder dari Koreanupdates dan co-founder/COO dari start-up Centeng.meFresh graduate dari Binus University jurusan Ekonomi dan Bisnis Manajemen. Di waktu luang, ia menulis beberapa karya di www.karenkamal.com.

fold-left fold-right
About the author
Guest Post adalah artikel yang dibuat oleh kontributor di luar kontributor tetap Techrity. Untuk menjadi kontributor, silakan kunjungi halaman ini.