Lensa Kontak dengan LCD di Dalamnya

Lensa Kontak

Ketika dunia masih kagum dengan teknologi Google Glass, dan Microsoft juga punya proyek kacamata augmented realitykini giliran Ghent University, sebuah universitas di Belgia, memamerkan lensa kontaknya. Apa istimewanya lensa kontak tersebut?

Lensa kontak ini memiliki sebuah layar LCD tertanam di dalamnya. Penemuan ini merupakan pertama kalinya sebuah lensa kontak dapat memiliki layar yang bisa dimanipulasi, dan diyakini akan menjadi cikal bakal berbagai teknologi lensa kontak di bidang medis maupun fashion.

Tidak seperti teknologi lensa kontak LED-based yang hanya memiliki beberapa piksel kecil, teknologi LCD yang dibuat oleh Ghent University ini menggunakan teknologi LCD yang memungkinkan  seluruh permukaan lensa kontak tersebut menjadi media untuk menampilkan gambar.

Professor Herbert De Smet dari Ghent University mengatakan:

Now that we have established the basic technology, we can start working towards real applications, possibly available in only a few years.

Sekarang kami telah membentuk teknologi dasar, kami bisa mulai bekerja menuju pengaplikasiannya di dunia nyata, yang mungkin akan mulai tersedia dalam beberapa tahun.

Sayangnya karena mata manusia tidak dapat melihat obyek yang begitu dekat, maka tampilan gambar pada lensa kontak ini tidak akan dapat dilihat oleh penggunanya sendiri, tetapi hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang melihat mata para pengguna lensa kontak spesial ini.

Prototype dari lensa kontak ini sudah dapat Anda lihat di video di akhir artikel ini. Prototype tersebut berbentuk lensa kontak yang menampilkan mata uang dolar ($) di dalamnya.

Di masa yang akan datang, para pengembang lensa kontak ini berharap dapat membuat lensa kontak yang berjalan secara autonomous, yang memiliki berbagai kegunaan baik dalam bidang medis maupun fashion. Contoh penggunaan lensa kontak ini secara medis adalah untuk mengontrol kuantitas cahaya masuk ke retina, sangat berguna untuk para pengguna yang mengalami kerusakan iris. Sedangkan secara fashion, lensa kontak ini memungkinkan para pengguna untuk mengubah-ubah warna mata mereka sesuai keinginan.

Bahkan mungkin lensa kontak ini akan dapat memproyeksikan gambar ke depan mata penggunanya, sehingga pengguna dapat membaca tulisan yang diproyeksikan tersebut. Wow!

 

Sumber: imec

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.