Apple dan Google ‘Patungan’ Beli Paten Kodak

shake-hands

Judul berita ini memang mungkin sedikit terdengar aneh mengingat Apple yang selalu terlibat perang paten di para vendor Android, dan baru-baru ini Google pun bingung Apple belum menuntut Google. Tetapi layaknya politik, dalam dunia bisnis tidak ada teman dan musuh yang abadi, begitu juga antara Apple dan Google yang baru saja memutuskan untuk ‘patungan’ membeli paten-paten milik Kodak.

Dikutip dari Bloomberg, Apple dan Google dikatakan telah menjalin kerjasama untuk membeli 1.100 imaging patents milik Kodak. Apple dan Google menawarkan $500 juta kepada Eastman Kodak Company (Kodak).

Langkah Kodak menjual paten miliknya adalah salah satu bagian dari bangkrutnya perusahaan ini, dan hal ini nampaknya bisa menjadi salah satu jalan perdamaian antara Apple dan Google. Dengan cara ini kedua perusahaan akan mendapatkan beberapa hak paten, membayar lebih sedikit, dan tidak perlu khawatir dituntut oleh saingan.

Ini adalah hal yang lebih baik daripada harus bertarung dalam pengadilan dan ada kemungkinan untuk kalah serta membayar denda. Sebelumnya Apple dan Google memiliki sekutu (yang berisi beberapa perusahaan lain) secara terpisah, dan sekarang mereka telah bergabung dan bekerjasama.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi penjual (Kodak) dan pembeli (Apple dan Google) karena sang penjual akan mendapatkan harga yang lebih tinggi, serta 1.100 paten tersebut dapat digunakan secara maksimal oleh para pembeli. Setelah itu, Apple dan Google dapat membuat produk yang semakin hebat dan kembali bertarung dalam pangsa pasar pengguna, yang mana tentunya lebih baik daripada bertarung di pengadilan.

Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: taraketh.wordpress.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.