Google Apps For Business, Tidak Ada Lagi Yang Gratis

google-apps-for-business

Google baru saja mengumumkan perubahan kebijakan pada salah satu produknya yaitu Google Apps. Google Apps adalah produk Google yang tujuannya membantu Anda dan organisasi/perusahaan Anda untuk mendapatkan kemudahan dalam hal-hal penunjang produktivitas seperti email, kalender, Google Drive, Google Docs, dan lain sebagainya. Kini fitur ini tidak lagi bisa Anda gunakan secara gratis.

Melalui blognya, Google mengumumkan bahwa menghentikan Google Apps untuk personal yang sifatnya gratis dan terbatas hanya untuk 10 akun. Sehingga dapat dipastikan tidak ada lagi layanan gratis dari Google Apps for business, Anda diharuskan membayar sebesar $50 per bulan, per user.

Sekilas mengenai Google Apps, sederhananya Google Apps akan menyediakan layanan email, dan produk-produk Google lainnya. Sehingga Anda sebagai individu, organisasi, atau perusahaan tidak perlu lagi memusingkan mengenai hal-hal teknis tersebut, karena semuanya sama seperti Anda menggunakan layanan Google seperti biasa.

Awal mulanya ketika Google meluncurkan layanan premium, ada 2 opsi pilihan antara yang gratis dan yang berbayar. Dan sejak hari ini, Google membagi spesifik para penggunanya sebagai berikut:

  • Individu
    Sebagai individu Anda dapat menikmati Gmail, Google Drive, Google Calendar, dan lain sebagainya secara gratis melalui akun Google Anda. Tetapi Anda tidak bisa lagi membuat email pribadi Anda dengan menggunakan domain Anda.
  • Bisnis
    Google Apps for business ditujukan bagi semua perusahaan yang ingin menggunakan layanan Google ini dan juga mendapat layanan customer service 24/7, masing-masing 25GB inbox, 99,9% jaminan tidak pernah ada downtime, dan membayar $50 per pengguna per tahun.

Tetapi kabar gembira bagi Anda para pengguna yang sudah menggunakan layanan gratis ini sebelumnya, Google mengatakan bahwa hal ini tidak akan berdampak bagi Anda. Google Apps kini juga menyediakan layanan gratis bagi edukasi, terutama sekolah dan universitas.

 

Sumber gambar: cloudsherpas.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.
  • ppmagabudhi

    sayang ya…