Mesin yang Bisa Membaca 250 Halaman Buku Per Menit

BFS-Auto

Penasaran bagaimana sebuah mesin dapat mengubah buku menjadi versi digital? Sebuah mesin yang dikembangkan oleh Ishikawa Oku Laboratory di Jepang, BFS-Auto, sanggup mendigitalisasi buku dengan kecepatan 250 halaman per menit!

Mesini ini menggunakan dua buah kamera berkecepatan tinggi yang disusun sedemikian rupa supaya dapat mengambil gambar dua halaman sekaligus. Kemampuan tersebut didasarakn pada tiga hal penting: sistem membalik halaman otomatis berkecepatan tinggi, 3D recognition secara real-time terhadap halaman yang sedang dibalik, dan penulisan kembali data yang telah diambil ke dalam bentuk gambar.

  • Sistem membalik halaman otomatis berkecepatan tinggi
    Para peneliti di lab ini telah menciptakan mekanisme mesin yang dapat membalik dengan kecepatan tinggi dengan tingkat kegagalan sangat rendah. Sistem ini dapat membalik buku dengan kecepatan 250 halaman per menit. Buku yang digunakan pun tidak perlu diutak atik, cukup taruh buku Anda dan sistem ini akan membaliknya dengan otomatis dan cepat.
  • 3D recognition secara real-time terhadap halaman yang sedang dibalik
    Sistem ini menangkap gambar tiga dimensi dari setiap halaman sebanyak 500 kali per detik, dan mencari mana yang terbaik untuk kemudian disimpan. Gambar yang ditangkap memiliki tingkat perekaman gambar hingga 400 piksel per inci. Dengan begitu gambar yang ada di halaman-halaman buku pun dapat terekam tanpa ada yang tertinggal.
  • Penulisan kembali data yang telah diambil ke dalam bentuk gambar

    Pada tahap ini, gambar yang tadinya agak melengkung karena diambil sambil dilakukan pembalikan halaman akan diubah menjadi bentuk rata (flat), sehingga hasilnya pun menjadi bagus dan mudah dibaca.

Penasaran bagaimana aksi si BFS-Auto ini? Mari simak video di bawah ini:

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.