Paus Benediktus XVI Resmi Bergabung Sebagai Pengguna Twitter

VATICAN POPE

Hari ini, Vatican baru saja mengumumkan bahwa Paus Benediktus XVI (Pope Benedict XVI) secara resmi bergabung sebagai pengguna Twitter. Paus atau Pope adalah seorang pemimpin agama Katolik di seluruh dunia, dan ia secara resmi menjadi Paus pertama yang bergabung dan menggunakan Twitter.

Mulai saat ini juga, orang-orang dari seluruh dunia bisa menge-tweet tentang pertanyaan yang berhubungan dengan iman dan kepercayaan menggunakan hashtag #AskPontifex. Pertanyaan-pertanyaan yang masuk akan dipilih oleh staf dari Vatikan untuk diberikan langsung kepada Paus, kemudian Paus akan merespon lewat akun Twitter-nya mulai tanggal 12 Desember mendatang.

Akun Twitter beliau adalah @Pontifex, akun ini secara resmi akan memberikan tweet dalam bahasa Inggris, tetapi seakan tidak mau dibatasi oleh bahasa, ada beberapa akun lain yang digunakan oleh Paus, antara lain:

  • Inggris: @Pontifex
  • Spanyol: @pontifex_es
  • Italia: @pontifex_it
  • Portugis: @pontifex_pt
  • Jerman: @pontifex_de
  • Polish: @pontifex_pl
  • Arab: @pontifex_ar
  • Prancis: @pontifex_fr

Menurut Twitter, dengan keberadaannya sang Paus di Twitter diharapkan perbedaan waktu, tempat, dan bahasa tidak akan membatasi diri Anda untuk bertanya, mendapat inspirasi dari salah satu pemimpin yang paling berpengaruh di dunia.

Twitter memang sudah banyak dimanfaatkan oleh para pemimpin agama dan pengajar-pengajar spiritual di dunia untuk menyebarkan pesan dan ajaran dari agama dan/atau kepercayaan mereka. Twitter melihat angka yang sangat tinggi dari keterlibatan dengan konten religius dan spiritual, seperti followers menanggapi topik ini dengan balasan, retweet, dan klik pada link. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan topik-topik dan hal-hal lainnya. Para pemimpin agama dan kelompok agama merangkul komunitas mereka melalui Twitter.

 

Sumber: Twitter

Sumber gambar: mexicotoday.org

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.