Jelly Bean Kini Menguasai 6,7% Pangsa Pasar Android, Gingerbread Masih Memimpin

Hei para pengguna Android, apakah Anda sudah menggunakan Jelly Bean terbaru untuk Android Anda? Atau Anda masih memiliki nasib yang sama seperti saya memiliki gadget yang sangat terbatas dan tidak bisa di-update lagi sistem operasinya?

Perkembangan gadget Android yang menggunakan Jelly Bean mengalami peningkatan yang sangat cepat dalam 30 hari terakhir. Tetapi tetap saja masih dalam jumlah yang kecil.

Saat ini pangsa pasar Android dengan sistem operasi Jelly Bean sudah mencapai 6,7%. Sedangkan pemimpin utamanya masih Gingerbread dengan lebih dari 50%, kemudian diikuti oleh Ice Cream Sandwich 27,5%.

Selengkapnya mengenai statistik pangsa pasar Android:

Sumber gambar: Android.com

Tetapi dengan semakin banyaknya gadget yang akan di-support oleh Android Jelly Bean, seperti Galaxy Note dan berbagai gadget-gadget lainnya termasuk gadget-gadget Android baru, dapat dipastikan bahwa pangsa pasar Jelly Bean akan masih terus bertambah di tahun 2013.

Data ini resmi dirilis oleh Google per 3 Desember kemarin. Cara yang dilakukan oleh Google cukup sederhana namun relevan, Google melakukan pelacakan terhadap gadget-gadget yang mengakses Play Store selama 30 hari. Ini artinya, gadget yang tidak memiliki Play Store tidak masuk ke dalam hitungan, dan gadget-gadget yang ‘dipaksa’ menggunakan Android tetap masuk ke dalam hitungan (selama memiliki dan mengakses Play Store).

Bagaimana dengan Android versi berikutnya, yang dirumorkan bernama Key Lime Pie? Kita tunggu saja.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.