Game Developers Tools Berbasis Cloud dari Adobe

Adobe Gaming

Selama ini Adobe dikenal sebagai salah satu perusahaan yang paling hebat dalam menyediakan tools untuk design, pembuatan website, flash, dan lain sebagainya. Sebut saja Photoshop, Illustrator, Flash, Dreamweaver, Audition, Premiere Pro, After Effect, dan masih banyak lainnya produk-produk Adobe yang sudah cukup sering Anda gunakan.

Kali ini, Adobe siap membantu para pembuat game dengan menyediakan layanan Game Developer Tools berbasiskan Cloud Computing.

Sebelumnya, Adobe pernah mengumumkan ‘kematian’ flash di gadget mobile, dimana flash adalah sebuah teknologi yang sudah berumur lebih dari 15 tahun, dan Adobe akan memfokuskan diri kepada pengembangan HTML5. Maka wajar saya jika saat ini para penjual Android tidak lagi menggembar-gemborkan fitur ‘Flash’ yang selama ini mereka banggakan dapat dijalankan di Android dan tidak dapat dijalankan di gadget iOS.

Melalui blog resmi Adobe, Adobe secara resmi mengumumkan Game Developer Tools sebagai bagian dari layanan Adobe Creative Cloud. Game Developer Tools memanfaatkan teknologi cloud computing, di mana terhubung dengan data center yang berbasiskan layanan software subscription atau berlangganan.

Adobe mengatakan bahwa developers yang menggunakan tools ini dapat mengakses 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia pada Windows dan Mac, serta lebih dari 500 juta di smartphone dan tablet, 20 kali lebih besar jangkauannya daripada Xbox 360 dari Microsoft yang merupakan konsol game terlaris saat ini.

Tools terbaru dari Adobe adalah Adobe Scout, merupakan pengembangan dari ActionScript yang sudah digunakan di Adobe Flash. Berikut pernyataan Adobe:

Adobe Scout, an advanced next-generation profiling tool that uncovers granular internal information in ActionScript-based mobile and browser content to unlock significant performance optimization opportunities.

Adobe Scout, profiling tool generasi terbaru yang menjabarkan informasi granular internal dalam bentuk ActionScript di konten browser dan mobile yang dapat meningkatkan optimisasi performa secara signifikan.

Sederhananya, hal tersebut akan membuat sebuah game berjalan lebih cepat. Dan ini adalah teknologi baru dari Flash.

Bagi para pelanggan (subscriber) layanan Creative Cloud dari Adobe, maka sudah bisa menikmati tools ini secara gratis. Selain itu juga akan tersedia beberapa tools lain seperti Adobe Gaming SDK, Adobe Flash C++ Compiler, Flash Professional CS6 versi trial, dan Flash Builder 4.7 Premium.

Adobe mengatakan bahwa Flash Player masih sangat berprospek untuk digunakan, karena digunakan oleh game-game hebat seperti SongPop, FarmVille2, dan Diamond Dash di Facebook. Juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Zynga, Wooga, KIXEYE, dan lain sebagainya.

Jadi bagi Anda para programmer Flash yang sedang bersedih karena Flash seakan ‘mati suri’ dari Adobe, inilah kesempatan Anda untuk melanjutkan dan terus mengembangkan kemampuan Anda. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, langsung saja kunjungi halaman ini.

 

Sumber gambar: venturebeat.com, adobe.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.