Bagaimana Cara “Mengecek Ulang” Software Update di Android?

Jelly Bean

Terkadang kita mendapatkan berita bahwa pembaruan software untuk gadget Android kita telah tersedia, bahkan teman kita pun sudah men-download-nya. Tetapi saat kita coba cek di menu “System updates” yang ada di Settings, ternyata pembaruan tersebut belum mampir ke gadget kita. Bagaimana cara memaksa supaya pembaruan tersebut lekas datang? Mari simak tutorialnya.

Sebelum memulai, harap pastikan update-an yang Anda tunggu memang benar-benar sudah tersedia di lokasi dan jenis gadget Anda, karena biasanya sebuah software update Android dirilis secara bergantian tergantung lokasi dan jenis gadget Anda.

Tutorial ini akan dilakukan dengan menggunakan Galaxy Nexus, yang menjalankan Vanilla Android (Android versi asli). Apabila Anda menggunakan versi Android berbeda maupun device berbeda, mungkin tampilan dan lokasi setting-nya akan sedikit berbeda.

Kita mulai saja:

  1. Langkah pertama, cek kapan terakhir kali gadget Anda mengecek apakah ada software versi lebih baru, dengan cara masuk ke Settings -> About phone -> System updates. Apabila tampilannya masih seperti di bawah ini, maka gadget Anda belum menemukan adanya software dengan versi lebih baru. Silakan lanjut ke langkah kedua.
  2. Kini masuklah kembali ke Settings -> Apps, lalu pilih tab “All” yang terletak di paling kanan.
  3. Di tab “All”, scroll ke bawah dan Anda akan menemukan aplikasi bernama Google Services Framework. Silakan masuk ke aplikasi tersebut.
  4. Di dalam Google Services Framework, klik “Clear data” seperti yang dicontohkan gambar di bawah ini.
  5. Kembalilah keĀ Settings -> About phone -> System updates. Kini Anda akan mendapati “Last checked for update” menjadi tanggal 1 Januari 1970! Setelah itu cobalah klik “Check now” kembali. Apabila memang sudah tersedia, maka gadget Anda akan mulai men-download software terbaru!
  6. Berikut adalah contoh tampilan menu System update pada saat gadget Anda telah menemukan software versi lebih baru di server Google.
  7. Klik “Restart & install”, setelah itu silakan bersenang-senang dengan fitur-fitur baru yang muncul di gadget Anda!

Apabila Anda ingin me-request tutorial seputar teknologi, silakan hubungi kami melalui email di contact@techrity.com atau melalui form ini. Salam techrity!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.