Selamat Ulang Tahun, SMS!

SMS

Seberapa sering Anda menggunakan SMS sehari-hari? Tahukah Anda, kalau Short Message Service atau yang biasa kita kenal dengan SMS sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 pada hari Senin 3 Desember 2012 ini?

SMS pertama kali digunakan pada 3 Desember 1992 oleh seorang Inggris bernama Papworth, yang mengirimkan pesan berisi “Merry Christmas” dari komputer pribadinya melalui jaringan Vodafone kepada ponsel seorang karyawan Vodafone, Richard Jarvis. Ponsel yang digunakan oleh Jarvis adalah Orbitel 901. Tetapi Jarvis tidak dapat merespon pesan tersebut, karena pada saat itu mengirimkan SMS melalui ponsel belum memungkinkan.

Sampai kemudian pada tahun 1993, Nokia memperkenalkan fitur pengiriman SMS, dan menjadi satu-satunya vendor ponsel yang memiliki fitur tersebut.

Pada awalnya SMS hanya dapat dikirim di dalam jaringan operator yang sama, dan sifatnya gratis. Kemudian operator mulai melirik potensi yang sangat besar dan mulai menarik tarif untuk setiap SMS yang dikirim. Contohnya di Inggris sebuah SMS akan mengurangi pulsa Anda sebanyak 10 pence. Menurut data, di Inggris ada satu miliar SMS terkirim setiap bulannya (data tanggal Februari 2001), sehingga menghasilkan 100 juta Poundsterling setiap bulannya!

Walaupun terlihat murah, tarif SMS bisa dibilang mahal, karena sebetulnya sebuah SMS hanya memiliki ukuran 128 bytes. Apabila tarif yang sama diberlakukan setiap byte-nya, CD yang berukuran 650 MB akan memakan biaya 60ribu Poundsterling! Tapi memang tarif mengirimkan SMS lebih murah ketimbang melakukan panggilan telepon, yang membuatnya populer di kalangan remaja.

Kemudian sampai sekarang jumlah pengiriman SMS terus menerus meroket, tetapi di beberapa negara seperti Spanyol, Belanda, Finlandia, Hong Kong, dan Australia, tren tersebut terlihat sudah mulai jenuh karena pengguna ponsel mulai berpindah dari SMS ke layanan messenger yang sifatnya gratis, seperti BBM, WhatsApp, KakaoTalk, Line, dan sebagainya. Bahkan beberapa orang memanfaatkan Twitter untuk menggantikan SMS.

Walaupun sudah ada berbagai messenger yang sifatnya gratis, kita terkadang masih menggunakan SMS, contohnya pada saat sinyal data (GPRS/3G) tidak bisa diajak kompromi.

Jadi, selamat ulang tahun, SMS! Terima kasih telah memudahkan kami berkomunikasi!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.