comScore: Apple Menggeser LG, Menjadi OEM Nomor Dua di Amerika

Galaxy S3

Berdasarkan data penelitian comScore yang baru saja dirilis, Apple telah menyalip LG dan menjadi pabrikan ponsel dengan pengguna terbanyak nomor dua di Amerika Serikat, Sementara itu Samsung masih bertahan di posisi pertama dengan jarak yang cukup signifikan. Mari kita lihat penjabaran pangsa pasar ponsel, platform smartphone, serta macam penggunaan ponsel di Amerika Serikat.

Data yang dirilis ini merupakan gabungan dari semua jenis ponsel, mulai dari smartphone, feature phone, maupun dumb phone. LG, yang pada bulan Juli 2012 memiliki pangsa pasar 18,4%, turun menjadi 17,6% per Oktober 2012. Di sisi lain Apple yang pada Juli 2012 hanya memiliki 16,3%, naik menjadi 17,8% pada Oktober 2012, berkat penjualan iPhone 5 mereka yang sangat baik.

Apple terus-menerus meningkatkan pangsa pasar mereka setelah pada awal tahun ini mereka menyalip Motorola, yang sekarang tertinggal cukup jauh di 11,0% per Oktober 2012. Meskipun begitu Apple masih cukup jauh tertinggal dari Samsung yang memiliki 26,3% pangsa pasar per Oktober 2012.

Berikut tabel lengkapnya, berdasarkan penelitian dari comScore:

Sementara itu apabila dilihat dari platform, berdasarkan penelitian yang juga dilakukan oleh comScore, Android masih menduduki peringkat pertama dengan berhasil meraih pangsa pasar sebesar 53,6% per Oktober 2012, meningkat dari 52,2% pada Juli 2012. Apple, lagi-lagi menduduki posisi dua, berhasil meningkatkan pasar mereka dari 33,4% per Juli 2012 menjadi 34,3% per Oktober 2012. Selain dua platform tersebut, platform-platform lain justru mengalami kemunduran, dan kemunduran terparah dialami oleh RIM BlackBerry yang turun dari 9,5% menjadi 7,8%.

Berikut tabel lengkapnya:

Apabila Anda penasaran tentang apa yang dilakukan para pengguna ponsel di Amerika Serikat inilah jawabannya: mereka paling banyak menggunakan ponsel untuk mengirimkan SMS! Selain itu banyak juga yang menggunakan berbagai macam aplikasi, menjelajah web, maupun mengakses jejaring sosial.

Sumber: comScore

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.