Mengintip Isi iMac Terbaru

iMac

iMac terbaru sudah mulai dijual di beberapa negara pada tanggal 30 November kemarin. iMac yang cukup menyita perhatian karena bentuknya yang jauh lebih tipis daripada iMac generasi sebelumnya tersebut baru saja dibongkar oleh iFixit. Mari kita lihat foto-fotonya!

Dengan membuat iMac ini jauh lebih tipis ketimbang iMac sebelumnya pastilah diperlukan pengorbanan, antara lain hilangnya DVD Drive (yang memang sudah jarang kita gunakan), RAM yang tidak mudah untuk diakses, dan juga slot SD Card yang berpindah ke belakang sehingga menjadi agak sulit diakses.

Namun dengan pengorbanan tersebut, maka lahirlah iMac generasi terbaru yang memiliki ketebalan 5 mm di bagian pinggir layarnya, yang kemudian menebal di bagian tengah dengan titik paling tebalnya adalah 4 cm. Selain itu di generasi terbaru ini Apple juga sudah mempergunakan USB 3.0 sebanyak 4 slot, sehingga pemindahan data pun lebih cepat, terlebih apabila perangkat flashdisk atau harddisk eksternal Anda sudah mengggunakan USB 3.0.

Beberapa penemuan yang didapat hasil dari pembongkaran iMac ini:

  • RAM masih dapat diganti walaupun sangat sulit karena harus melepas banyak komponen termasuk layar dan logic board,
  • Processor juga dapat diganti,
  • Layar LCD ditempelkan dengan lem, sehingga untuk melepasnya harus menggunakan heat gun, berbeda dengan iMac sebelumnya yang ditempel dengan menggunakan magnet,
  • Mac terbaru ini memiliki dua buah mic yang memungkinkan untuk menangkap suara dengan lebih jelas. Kedua mic tersebut berada di atas dan belakang.

Jadi, bagaimana bentuk jeroan dari iMac terbaru ini? Mari lihat foto-foto berikut yang diambil oleh iFixit. iMac yang dibongkar di sini adalah iMac keluaran akhir 2012 ukuran 21,5 inci.

Sumber gambar: iFixit

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.