7 Tips Menyusun Strategi Penjualan Smartphone dari Google

Selling Smartphone

Saat ini sudah sangat wajar apabila banyak rumor bertebaran dalam dunia media sebelum sebuah gadget baru diluncurkan. Tidak jarang, rumor-rumor yang disebarkan memanglah bagian dari strategi dari perusahaan yang akan meluncurkan gadget tersebut untuk menarik perhatian publik. Berbagai studi kasus, penelitian, dan pertimbangan-pertimbangan disiapkan dalam rangka meluncurkan dan menjual sebuah gadget. Lalu seperti apa tips dari Google?

Biasanya rumor-rumor yang bertebaran di media-media memicu aktivitas online, aktivitas online yang paling sering dilakukan oleh seseorang dalam mencari kebenaran atau informasi lebih lanjut mengenai rumor tersebut, sebut saja googling. Dan hal ini sangat dapat mempengaruhi seseorang untuk memutuskan akankah ia membeli produk tersebut atau tidak.

Dalam blognya, Google memberikan 7 tips bagi seorang marketer untuk memprediksi dan meningkatkan penjualan smartphone, antara lain:

1. Pers

Pers adalah jalan tercepat dan termudah bagi sebuah perusahaan untuk menyampaikan sesuatu hal kepada masyarakat, termasuk produk baru. Gunakanlah pers, terutama pers yang resmi untuk mengumumkan hal-hal yang membuat ‘penasaran’ (buzz) bagi para konsumen sebelum produk tersebut benar-benar diluncurkan.

Google menemukan fakta unik, ketika ada 1000 berita tambahan yang beredar di internet minggu-minggu menjelang peluncuran maka penjualan smartphone akan meningkat sekitar 9% (dibandingkan dengan situasi yang sama namun tidak ada berita tambahan baru).

2. Perhatikanlah orang-orang yang mencari di internet

Menurut Google, para calon pelanggan sudah melakukan pencarian di internet terlebih dahulu sebelum Anda memperkirakannya. Jadi, orang-orang seperti ini adalah orang-orang yang tertarik untuk mencari tahu dan belajar akan produk tersebut. Jangan sia-siakan orang-orang ini begitu saja.

3. Akhir minggu

Kapan waktu Anda akan meluncurkan produk tersebut? Penjualan terbesar terjadi pada hari kamis dan jumat, tetapi ini semua bergantung pada daerah dan lingkungan kebudayaan daerah tersebut.

4. Video

Tahukah Anda bahwa jumlah orang-orang yang melihat video mengenai sebuah smartphone (khususnya smartphone baru) meningkat 60% dari tahun 2010 ke 2011?  Video yang bagus tentu saja dimulai dari barang yang bagus, konten yang bagus, dan waktu yang tepat. Video selama minggu peluncuran akan sangat berdampak pada penjualan Anda. Jadi pastikan ketika produk Anda siap diluncurkan, Anda juga menyiapkan video mengenai produk tersebut.

Tahukah Anda, menurut Google jika sebuah video mengenai smartphone dilihat sebanyak 1 juta kali dalam minggu peluncuran? Maka dari itu besar kemungkinan terjadi penjualan sebesar 1,2 juta dalam 12 minggu setelah peluncuran.

5. Ad Clicks

Manfaatkanlah iklan di internet. Semakin tinggi jumlah klik pada iklan pencarian Anda, semakin tinggi penjualan Anda, baik itu secara online atau secara fisik (toko). Berapa banyak? Jika iklan smartphone tersebut mencapai 100.000 klik yang diadakan selama 12 minggu setelah peluncuran, kemungkinan Anda akan menjual lebih dari 1,3 juta unit selama periode yang sama.

6. Siklus pencarian

Siklus sederhana pencarian yang dilakukan oleh para calon pelanggan adalah:

  • Sebelum peluncuran: membandingkan dengan smartphone yang sudah beredar di pasar, mencari tahu bentuk fisik smartphone tersebut.
  • Saat peluncuran: hal-hal yang lebih mendetail mengenai smartphone tersebut mulai dari spesifikasi sampai review.
  • Setelah peluncuran: fitur-fitur smartphone tersebut, masalah-masalah smartphone.

Jika Anda sudah mengetahui siklus ini, maka Anda seharusnya sudah bisa menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan smartphone Anda.

7. Jangan hanya berfokus di satu tempat

Selama minggu-minggu peluncuran smartphone, ada sekitar 25.000 pencarian tambahan yang dilakukan untuk mencari tahu mengenai smartphone tersebut dari smartphone/mobile yang pelanggan miliki. dan jika Anda bisa mengoptimalkan hal ini kemungkinan besar penjualan Anda akan bertambah 17%.

Jadi integrasikanlah kampanye Anda tidak hanya di website, tetapi juga mobile dan juga fisik apabila memang diperlukan. Dan satu hal yang Anda perlu ketahui, Sebagian besar calon pembeli smartphone adalah orang-orang yang sudah memiliki smartphone.

 

Penelitian ini dilakukan oleh Google di Amerika Serikat, untuk lebih mendalam mengenai penelitian ini, simak hasil penelitian secara lengkap di bawah ini atau Anda bisa mengunjungi Think With Google “Smartphone Launch Predictor”.

Jadi, apakah Anda kini sudah bisa menyusun strategi yang tepat bagi perusahaan Anda untuk meluncurkan smartphone (atau produk lainnya) dan meningkatkan penjualan Anda? Semoga berhasil!

 

Sumber gambar: bgr.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.