Quadrotor yang Dapat “Menggelinding”

Selain untuk bersenang-senang, quadrotor juga bisa dipakai untuk hal-hal yang lebih serius. Seperti contohnya Quadrotor bernama HyTAQ ini, yang didesain khusus sehingga selain dapat terbang seperti quadrotor pada umumnya, quadrotor yang satu ini juga dapat berjalan di daratan!

Quadrotor adalah perangkat robotik yang digerakkan oleh empat buah baling-baling yang mirip dengan baling-baling helikopter. Keempat baling-baling tersebut berputar dengan gerakan-gerakan tertentu sehingga quadrotor pun dapat bergerak naik, turun, maju, ataupun mundur sesuai kebutuhan.



HyTAQ Robot (Hybrid Terrestrial and Aerial Quadrotor) adalah quadrotor yang dikembangkan oleh Illinois Institute of Technology (IIT).  HyTAQ memiliki kemampuan untuk dapat bergerak di udara maupun di darat. Untuk dapat terbang, HyTAQ menggunakan baling-baling seperti kuadrotor pada umumnya, sedangkan desain sangkar unik yang mengelilingi quadrotor ini memungkinkan HyTAQ untuk dapat berjalan di tanah layaknya sebuah roda.

Pada saat berjalan di darat, robot ini memerlukan lebih sedikit tenaga daripada untuk terbang. Hal tersebut menyebabkan HyTAQ dapat menempuh jarak yang lebih jauh dengan energi yang lebih sedikit. Bahkan kabarnya HyTAQ dapat berjalan empat kali lebih jauh dan enam kali lebih lama daripada quadrotor biasa yang hanya bisa terbang.

Desain ini juga lebih baik daripada robot yang hanya bisa berjalan di tanah, karena apabila tiba-tiba ada rintangan, HyTAQ hanya tinggal menerbangkan diri, sedangkan robot yang hanya bisa berjalan di tanah tidak dapat berbuat apa-apa.

Bayangkan robot ini dibuat versi raksasanya dan bisa dikendarai oleh manusia, tentunya akan menjadi atraksi yang menarik!

 

Sumber: IIT

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.