Lagi-Lagi BlackBerry Hadir Dengan QWERTY Keyboard Melalui Prototype BlackBerry 10

blackberry 10 release date

Research In Motion atau RIM baru saja mengumumkan prototype BlackBerry 10 yang hadir dengan menggunakan keyboard seperti kebanyakan BlackBerry yang hadir saat ini di pasaran, yaitu QWERTY keyboard.

Prototype smartphone ini dibagikan kepada para developer di BlackBerry Jam Asia guna mereka melakukan percobaan terhadap aplikasi yang mereka buat pada platform BlackBerry 10.

Prototype ini berbeda dengan prototype BlackBerry 10 yang sebelumnya diberikan pada April kemarin, yang mana pada saat itu hanya terdapat prototype BlackBerry 10 touchscreen.

Totalnya 1500 prototype akan dibagikan kepada para developer, dan RIM menggunakan sistem poin untuk menentukan developer yang berhak mendapat prototype ini. Dikutip dari Pocket-lint, beberapa poin penilaian yang dilakukan oleh RIM kepada para developer dilakukan pada berbagai kriteria yang berbeda, termasuk salah satunya adalah berapa banyak aplikasi yang mereka sudah miliki di BlackBerry App World (yang sekarang sudah berubah menjadi BlackBerry World).

Bagi para developer yang ‘membelokkan’ aplikasi mereka dari Android ke BlackBerry, maka mereka akan mendapatkan 50 poin. Sedangkan 250 poin untuk aplikasi asli. Semakin tinggi poin yang dikumpulkan oleh seorang developer, semakin besar kesempatan mereka untuk mendapatkan salah 1 dari 1500 prototype yang tersedia.

RIM juga mengumumkan bahwa ketika smartphone BlackBerry 10 telah siap dijual, mereka akan menukar prototype tersebut dengan smartphone BlackBerry 10 yang limited edition.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.