[Intermezzo] Apple iMac G3 vs PC, Sebuah Video dari Tahun 1998

iMac G3

Komputer keluaran Apple, Macintosh memang biasanya memiliki desain yang sangat simpel. Bahkan pada tahun 1998, di event MacWorld, Apple sempat memutarkan video tentang bagaimana mudahnya meng-unbox sebuah iMac G3 dari kotaknya sampai dengan iMac tersebut terkoneksi ke internet!

Memang apabila kita melihat Macintosh, baik itu MacBook maupun iMac, desainnya sangat elegan dan sederhana. Apalagi bila kita bandingkan iMac dengan komputer desktop biasa, sangat terlihat iMac hanya memakan sedikit tempat sedangkan komputer desktop dapat memakan tempat hingga dua kali lipatnya, dikarenakan CPU dan layar yang terpisah.

Nah, di video yang ditampilkan di MacWorld 1998 ini menampilkan seorang anak kecil yang membuka iMac G3 dari kotaknya dan juga seorang dewasa yang mengeluarkan komputer desktop dari kotaknya, lalu keduanya pun menyusun komputernya masing-masing di atas meja, kemudian menyalakannya dan mengoneksikannya dengan internet. Dan ternyata iMac jauh lebih cepat tersambung dengan internet!

Tapi keuntungan dari memiliki layar yang terpisah dengan CPU adalah apabila terjadi kerusakan pada suatu, maka akan lebih mudah diperbaiki karena tidak harus mengganti semua komponen. Nah, kalau Anda pilih yang mana? Mac atau PC?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.