Google Drive App untuk Android dan iOS, Anda Bisa Meng-edit Dokumen

Google Drive App

Sepertinya integrasi Gmail dengan Google Drive baru permulaan inovasi Google lainnya. Kali ini giliran Google Drive yang ‘seakan-akan’ diintegrasikan dengan Google Docs. Seperti apa?

Google mengumumkan melalui blognya, melalui aplikasi Google Drive untuk iOS dan Android, Anda bisa melakukan perubahan (editing) spreadsheet melalui gadget-gadget Anda, sama seperti yang dapat Anda lakukan melalui Google Docs di komputer.

Melalui aplikasi ini Anda bisa membuat spreadsheet seperti Microsoft Excel atau bisa merubah yang telah ada. Selain itu fitur-fitur seperti merubah font, merubah ukuran kolom, sorting data, dan lain sebagainya. Dan layaknya Google Docs dengan keunggulannya, Anda bisa merubah sebuah dokumen secara bersamaan dengan orang lain, dan melihat apa yang dilakukan oleh orang lain secara real-time.

Google Drive adalah sepertinya mulai mendapat perhatian yang lebih dari Google dalam pengembangannya. Wajar saja, rasanya popularitas penyimpanan data cloud computing masih dirajai oleh DropBox, untuk bisa menyainginya Google lagi-lagi harus mengintegrasikan layanan ini dengan produk-produk lainnya. Dan hasilnya, rasanya akan cukup membantu kita menjalankan kegiatan sehari-hari.

Bersamaan dengan ini, Chrome untuk iOS juga mendapat update dari Google dengan menambahkan beberapa fitur:

  • Fitur untuk membuka PDF di aplikasi lain,
  • Integrasi dengan Passbook untuk menyimpan boarding pass dan tiket,
  • Opsi untuk secara otomatis mendeteksi text encoding,
  • Peningkatan keamanan dan stabilitas.

Sambil menunggu Microsoft Office masuk ke dalam iOS dan Android, Google Drive App bisa menjadi solusinya bagi Anda.

 

Sumber gambar: weboftech.com, Google Blog.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.