Gmail Dikombinasikan dengan Google Drive, Kapasitas Attachment Mencapai 10GB

Saat ini berapakah besar sebuah file attachment yang mampu ditampung email Anda? 2MB, 5MB, 10MB, 25MB? Percaya atau tidak, dengan menggunakan Gmail dari Google saat ini Anda bisa melampirkan attachment ke dalam sebuah email hingga 10GB.

Google baru saja mengintegrasikan Gmail dengan Google Drive, layanan cloud computing penyimpanan data dari Google, dan memungkinkan para pengguna untuk melampirkan attachment dengan kapasitas 10GB. Itu artinya 400x lebih besar daripada kapasitas lampiran attachment saat ini, yang standar di dunia saat ini adalah 25MB.

Selain itu, selain penambahan kapasitas attachmentdengan terintegrasinya Gmail dan Google Drive artinya semua pengguna yang mendapat attachment tersebut memiliki file tersebut dalam versi yang sama. Seperti yang kita ketahui, dalam layanan cloud computing seperti DropBox, Google Drive, SkyDrive, dan lain sebagainya, ketika seseorang meng-edit sebuah file tertentu kemudian menyimpannya kembali, maka semua pengguna yang mendapat akses file tersebut akan secara otomatis melakukan sinkronisasi untuk dapat mengakses file dalam versi yang sama.

Maka dengan demikian, apabila Anda melakukan perubahan terhadap sebuah file yang sudah terlanjut Anda lampirkan di Gmail, kini Anda tidak perlu khawatir lagi apabila ternyata masih ada sedikit kekurangan atau kesalahan dalam file tersebut, karena ketika Anda merubahnya, maka semua orang yang mendapat attachment tersebut akan mendapatkan versi yang sama dengan file yang baru Anda rubah.

Mungkin ini adalah salah satu strategi Google untuk memperbanyak penggunanya yang beralih menggunakan Google Drive. Selain itu, bisa jadi ini ‘balasan’ dari Google terhadap strategi DropBox yang bekerjasama dengan Facebook.

Dikutip dari Venture Beat, Google mengatakan pihaknya berencana untuk melakukan update selama beberapa hari ke depan. Jadi, dalam beberapa hari ke depan Anda sudah dapat menikmati fasilitas menakjubkan dari Gmail ini.

Dengan kapasitas sebesar itu, apa yang akan Anda lampirkan?

 

Sumber gambar: pcmag.com, androidpit.info.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.